Jaringan Komputer, Jenis, dan Topologi

Apa Itu Jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung antara yang satu dengan yang lain dan berguna untuk berbagai sumber data.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

  1. PAN (Personal Area Network).

Jenis jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil. Biasanya berguna untuk keperluan internet dan printer. Dan tidak memerlukan penyimpanan yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

  • LAN (Local Area Network).

Jaringan LAN adalah internet dengan jangkauan mencakup wilayah lokasi local. Dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisred-Pair), Hub, Router, dan sebagainya. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan Wifi dan biasa dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area network ).

  • CAN (Campus Area Network).

Campus Area Network adalah sebuah jaringan kampus yang mencakup dengan beberapa LAN tetapi lebih kecil dari Jaringan Area Metropolitan. Biasanya banyak kampus atau bangunan perusahaan memakainya.

  • MAN (Metropolitan Area Network).

5.WAN (Wide Area Network).

WAN adalah sebuah jaringan komputer yang membentang di wilayah yang luas. Jaringan WAN biasanya menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, Frame Relay untuk konektivitas jarak lebih jauh lagi.

  • Internet

Internet adalah system global dari seluruh jaringan komputer yang saling saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi.

  • VPN (Virtual Private Network).

VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. Dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data.

Macam Macam Topologi

Bus

Topologi bus adalah topologi yang menpunyai kabel tunggal yang masing masing workstation dan server saling terhubung.

Ring (cincin)

Ring adalah totpologi yang terbentuk ketika semua perangkat terhubung dan sehingga menyerupai cincin.

  • Star (bintang)

Star adalah topologi yang masaing masing workstation memiliki lima jalur yang terhubung langsung melalui server.

  • Tree (pohon)

Tree adalah gabungan antara topologi Bus dan Star. Topologi ini menyerupai akar pohon, yang dapat dibilang hanya perangkat hub  yang terhubung saja yang terhubung langsung menuju bus pohon.

  • Mesh

Mesh sering kali dipakai ketika terdapat suatu kondisi dimana tidak ada hubungan komunikasi yang terputus secara absoult antar node dalam sebuah jaringan komputer.

#Macam Macam Processor Yang Pernah Diproduksi

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?