Teknologi Komputer

  • AMD 3D V-Cache.

Pada perhelatan acara CES (Consumer Elektronic Show) 2022, AMD memperkenalkan sebuah teknologi yang namanya dengan 3D V-Cache. 3D V-Cache adalah teknologi kemasan dengan menumpuk sejumlah memori cache atas core CPU.

Tujuannya, processor AMD akan memiliki tambahan kapasitas memori cache yang jauh lebih besar dengan ukuran chip yang relative sama. Semakin besar kapasitas memori cache, maka semakin banyak instruksi/data yang bisa memproses dengan cepat. Alhasil, potensi performa yang bisa mencapai juga akan lebih tinggi.

Teknologi 3D V-Cache akan menambah kapasitas L3 cache sebanyak 64MB. Rencananya, teknologi ini akan menyertakan pada processor AMD Ryzen 75800X3D. Processor tersebut nantinya bakal punya L3 cache berkapasitas total hingga 96MB (32MB On-die + 64MB V-Cache).

  • PCI Express 6.0

Merupakan salah satu standar bus computer yang paling banyak menggunakkannya. Antaranya untuk penggunaan kartu grafis (VGA card) dan penyimpanan berkecepatan tinggi. Dengan menggunakaan PCI Express, kartu grafis modern mampu menghasilkan kinerja yang luar bisa.

Di tahun 2022 ini, PCI-SIG (badan yang mengembangkan PCI Express) kembali akan menghadirkan versi terbaru yaitu PCI Express 6.0 (generasi ke-6). PCI-SGI mengklaim PCI Express 6.0 mampu mendapatkan bandwidth hingga 64 GT/detik tiap jalurnya atau kurang lebih 126 GB per detik pada konfigurasi 16 lane.

Yang baru dari PCI Express 6.0 yaitu penggunaan standar baru sinyal modulasi amplitudo 4 level untuk peningkatan transfer data dan koreksi error guna meningkatkan integritas data.

  • Intel Arc.  

Perangkat GPU Intel seringkali sudah terintegrasi dengan produk processornya. Produk dengan nama kode Alchemist ini akan rilis pada tahun 2022.

GPU Intel Arc sudah pasti akan bersaing dengan GPU diskrit populer lannya semisal Nvidia Geforce dan AMD Radeon. Produk GPU ini menggunakan arsitektur Intel Xe-HPG (High Performance Gaming). Sama halnya GPU generasi baru lainnya, Intel Arc juga memiliki dukungan ray-tracing, supersampling, dan DirectX 12 Ultimate.

Intel Arc akan hadir dalam bentuk varian kartu grafis dan versi mobile(laptop). Rencananya, GPU ini tidak produksi oleh Intel sendiri melainkan akan memproses oleh pabrikan TSMC.

Kategori: Technology

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?