Dampak  Positif dan Negatif Jaringan Komputer

jaringan komputer biasa dipakai pada kehidupan sehari hari, namun dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif . Berikut macam macam dampak positif dan negatif dari jaringan komputer.

Dampak Positif

Berikut dampak positif dari jaringan komputer dalam kehidupan sehari – hari.

  • Untuk Berbagi Dokumen

Manfaat yang pertama dapat berguna untuk membagikan dokumen kepada komputer yang lain dengan menggunakan jaringan komputer.

  • Untuk Menjaga dan Memanajemen Keamanan Data

Data akan semakin baik jika disimpan. Selain itu juga bermanfaat untuk memudahkan administrator dalam melakukan manajemen data. Dengan memanfaatkan jaringan komputer maka semua orang mampu mencari data secara cepat dan efesien.

  • Memudahkan Dalam Berkomunikasi

Jaringan komputer juga memudahkan dalam melakukan komunikasi antar orang maupun kelompok yang berbeda geografis dengan cepat. Dengan begitu dapat membantu dalam mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi.

  • Menyampaikan Informasi Dengan Cepat

Dengan jaringan komputer dapat membatu dalam proses penyampaian informasi supaya lebih cepat dan tanpa batasan waktu maupun tempat. Dan juga anda bisa membaca informasi dari seluruh dunia.

  • Membantu Aktivitas Manusia

Dapat membantu setiap kegiatan manusia agar lebih cepat, efektif dan efesien. Dengan adanya jaringan komputer maka segala pekerjaan manusia menjadi lebih cepat.

Dampak Negatif

Selain dampak positif pasti ada dampak negatif. Berikut dampak negatif dari jaringan komputer.

  • Biaya Network

Anda membutuhkan biaya untuk dapat menggunakan jaringan yang baik maka anda juga mempersiapkan setiap kebutuhan seperti software hardware, dll.

  • Biaya Manajemen dan Maintence

Perlu pengelolaan manajemen dan perawatan supaya dapat mengatipasi kemungkinan terjadinya hal hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada software maupun hardware.

  • Aktivitas Sharing Yang Tidak Wajar

Dengan adanya lalu lintas jaringan yang tidak terkontrol, maka dapat menimbulkan resiko file terkena virus.

  • Ancaman Keamanan Jaringan (Network Security)

Dengan kemudahan komunikasi yang dilakukan dimanapun dan kapanpun dapat menimbulkan resiko munculnya masalah, seperti penyebaran konten illegal, pemcurian data, hingga masalah keamanan yang lainnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?