Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

1. Topologi Bus

Topologi ini menggunakan kabel sebagai tulang punggungnya, yang akan berfungsi sebagai media telekomunikasi. Perangkat pengirim bisa berkomunikasi melalui kabel tersebut, dan hanya perangkat tujuan yang bisa menerima pesan tersebut.

2. Topologi Tree

Topologi ini merupakan gabungan antara topologi bus dan bintang, yang bisa meningkatkan jangkauan jaringan. Tentunya, topologi ini jauh lebih baik di bandingkan dengan topologi bus dan bintang yang berdiri sendiri.

3. Topologi Mesh

Terakhir ada topologi mesh, yang mengenalkan konsep rute, di mana pesan yang akan dikirim dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang tersedia. Beberapa WAN terkadang menggunakan routing mesh, terutama internet.

4. Topologi Ring

Dalam jaringan cincin ini, setiap perangkat memiliki dua tujuan komunikasi, di mana setiap pesan akan melewati cincin, baik searah dengan jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam. Topologi ini sering di gunakan di perkantoran dan kampus.

5. Topologi Star

Topologi jaringan komputer ini sering di gunakan di perumahan. Jaringan ini memiliki titik pusat, yang nantinya di sebut dengan hub node. Di bandingkan dengan topologi bus, topologi bintang ini lebih banyak membutuhkan kabel.

6. Topologi Linier

Topologi linier di sebut juga topologi bus beruntut. Biasanya menggunakan satu kabel utama untuk menghubungkan setiap titik sambungan pada setiap perangkat komputer.

7. Topologi Hybrid

Topologi hybrid adalah jenis topologi gabungan dari beberapa topologi yang berbeda. Ketika terdapat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, di saat itulah membentuk topologi hybrid.

8. Topologi Peer to Peer

Merupakan jenis topologi yang sangat sederhana, karena hanya menggunakan dua perangkat komputer untuk saling terhubung. Topologi ini biasanya menggunakan satu kabel untuk menghubungkan 2 perangkat komputer.

Editor: Zahra Nisa

Terima kasih telah mengunjungi website saya >.<


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?