Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer, yang terhubung satu dengan yang lainnya, dan berfungsi untuk berbagi data. Jaringan komputer terdiri dari software maupun hardware, sehingga tercipta sebuah sistem yang bekerja dengan baik.

Jenis–jenis jaringan komputer

Berikut merupakan penjelasan terkait jenis-jenis jaringan komputer yang perlu kalian ketahui:

1.LAN (Local Area Network)

Local Area Network merupakan salah satu jenis jaringan komputer populer karena banyak di gunakan untuk kebutuhan sekolah, perkantoran, ataupun perumahan. Seperti namanya, karakteristik utama dari LAN adalah jaringannya yang bersifat lokal atau di area dengan jangkauan relatif sempit.

2.MAN (Metropolitan Area Network)

Berbeda dari LAN yang jangkauannya relatif kecil, MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang bisa menjangkau hingga lingkup antar kota dalam jaringan yang sama. Biasanya MAN di gunakan ketika dua buah LAN sudah tidak mungkin untuk dipakai membangun sebuah jaringan.

3.WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network bisa di bilang sebagai kumpulan dari LAN yang posisinya tersebar secara geografis. Jangkauan WAN lebih jauh dari LAN karena memanfaatkan berbagai teknologi seperti Frame Relay dan ATM guna mendukung interkonektivitas yang lebih jauh lagi.

4.PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jenis jaringan yang tidak memerlukan resource terlalu besar. Penggunaan PAN biasanya untuk menunjang kebutuhan internet rumah, kantor, atau cakupan lain yang lebih sempit dan bersifat personal.

5.CAN (Campus Area Network)

Karakteristik jaringan komputer yang satu ini hampir sama seperti MAN, namun lingkup jaringannya bukan sebuah kota melainkan dalam batasan kampus atau lingkungan akademisi. Jaringan CAN biasanya di manfaatkan untuk kepentingan praktek di laboratorium, kebutuhan email internal, pembaruan kelas, distribusi materi kuliah, dan lain sebagainya.

6.Internet

Seperti kita ketahui, internet adalah sebuah jaringan komputer terbesar yang sampai saat ini bisa di ciptakan oleh umat manusia. Jaringan ini mampu menghubungkan berbagai perangkat dari seluruh dunia sehingga siapa saja bisa terhubung dan masuk di dalamnya.

7.VPN (Virtual Private Network)

VPN atau Virtual Private Network adalah salah satu jenis jaringan komputer paling aman yang bisa kamu gunakan. Jaringan ini biasa di gunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang untuk bertukar data secara internal. VPN dalam hal ini akan bertugas membuat jalur aman yang aksesnya hanya bisa di gunakan oleh pihak yang memang memiliki wewenang.

editor: Zahra Nisa

Terima kasih telah berkunjung ke website saya >.<


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?