Sistem Keamanan jaringan komputer adalah suatu sistem untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer . Tujuan /Keamanan jaringan komputer/ adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer
Manfaat Keamanan Jaringan
Menerapkan sistem tentu ada manfaatnya, apa sajakah itu ? berikut beberapa manfaat keamanan jaringan :

  • Dapat menggunakan resource secara bersamaan, seorang yang pengguna yang jauh dari pusat data, dapat dengna mudah mengakses data tersebut seolah-olah data tersebut ada didepannya. Dengan kata lain jaringan komputer dapat mengatasi masalah jarak.
  • Dapat diandalkan, jaringna komputer yang dapat diandalkan memiliki persediaan resource alternatif. Misalnya semua data yang disimpan dapat disalin kebeberapa yang terkoneksi ke jaringan, sehingga apabila data di satu komputer rusak bisa dipulihkan dengan menggambil data dari komputer lainnya.
    Jenis-Jenis Keamanan Jaringan
    Ada beberapa jenis-jenis keamanan jaringan yang diterapkan dalam sistem jaringan, berikut pembahasannya.
  • Availability
    Adalah upaya pencegahan penahanan informasi atau resource kepada pihak yang tidak berhak. Dengan kata lain informasi yang dibutuhkan akan dapat diakses kepada pihak yang memiliki hak akses terhadap informasi tersebut.
    Contoh pada messaging system dimana pesan tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang dialamatkan saja.
  • Integrity
    Adalah upaya pencegahan bagi pihak yang tidak berkepentingan dapat mencapai informasi. Yang artinya informasi yang tepat dapat diakses oleh mereka yang berhak saja, analoginya sama dengan e-mail atau data penting perusahaan .
    Atau juga bisa diartikan pencegahan terhadap kemungkinan perubahan atau penghapusan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Secara umum integritas ini berarti informasi yang tepat, maka tidak terjadi kerusakan atau terhapus pada saat di salurkan dari server ke penerima yang berhak.
  • Authentication
    Adalah metode untuk menentukan atau mengonfirmasi pengguna tersebut autentik atau tidak. Biasanya metode autentikasi seseorang biasanya adalah untuk memverifikasi identitasnya.
    Pada suatu sistem komputer autentikasi dilakukan dengan cara login atau memasukan ID dan password.
  • Access Control
    Adalah metode transmisi sinyal yang dimiliki oleh node-node yang terkoneksi ke jaringan tanpa terjadinya konflik atau hal akses.

Editor : Meita Dwi Utami


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?