Jaringan Komputer : Pengertian, Topologi, dan Jenisnya

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Sebuah jaringan dibangun dengan perpaduan konfigurasi hardware dan software untuk menciptakan sebuah system yang dapat bekerja dengan mulus.

            Untuk membuat sebuah jaringan, switch dan router menggunakan berbagai protocol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan

Jenis-jenis Jaringan Komputer

            Setelah mengetahui pengertian jaringan komputer  Anda juga sebaiknya memahami tentang jenis-jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer yang palinh banyak ditemukan.

Berdasarkan Jangkauan

  • LAN (Local Area Network)

Lan menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek. Sebuah Gedung kantor, sekolah, atau rumah jaringan biasanya berisi satu LAN, meskipun kadang-kadang satu Gedung akan berisi beberapa LAN kecil.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jenis jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan

  • WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public.

  • PAN (Person Area Network)

Sama seperti jaringan LAN, jenis jaringan komputer PAN  biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan rumah dan kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti internet atau printer.

  • CAN (Can Area Network)

CAN bisa dibilang mirip dengan jenis jaringan komputer MAN, tetapi terbatas pada universitas atau akademi, ini biasanya didiapkan untuk kegiatan Pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

  • Internet

Internet adalah jaringan terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termaduk PC, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tsblet, TV, Webcsm, CCTV dsn masih banyak lagi.

  • VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah solusi untuk menyediakan koneksi internet yang aman. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki dua kantor : satu di Jakarts dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut.

Topologi Jaringan Komputer

  • Bus

Topologi jaringan bus meggunakan kabel sebagai tulang punggungnya. Kabel ini berfungsi sebagai media komunikasi. Perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan mengirim pesan siaran melalui kabel yang terhubung ke dua perangkat itu, tetapi hanya penerima yang dituju yang benar-benar menerima dan memproses pesan tersebut.

  • Ring  (Cincin)

Dalam jaringan cincin, setiap  perangkat memiliki dua “tetangga’ untuk tujuan komunikasi. Semua pesan perjalanan melalui cincin kea rah yang sama (baIk “searah jarum jam” atau “berlawanan arah jarum jam”)

  • Star (Bintang)

Banyak jaringan rumah menggunakan topologi bintang. Jaringan bintang memiliki titik koneksi pusat yang disebut “hub node” yang mungkin merupakanhub jaringan, switch atau router. Peangkat biasanya terhubung ke hub dengan Unshield Twisted Pair (UTP) Ethernet.

  • Tree (Pohon)

Topologi pohon bergabung dengan topologi bintang untuk membentuk topologi bus. Dalam bentuk yang paling sederhana, hanya perangkat hub yang terhubung langsung ke bus pohon, dan setiap hib berfungsi sebagai akar dari pohon perangkat.

  • Mesh

Topologi mesh memperkenalkan konsep rute. Tidak seperti topologi sebelumnya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang mungkin dari sumber ke tujuan.

Perangkat Dalam Jaringan Komputer

  • Server

Server berperan sebagai media penyimpanan data dan mengelola jaringan. Pada umumnya, server memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi dibandingkan komputer client.

  • Kabel Jaringan

Untuk menghubungkan client dengan server atau perangkat lainnya, diperlukan adanya kabel jaringan. Ada berbagai jenis kabel jaringan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti coaxial, fiber optic, dan twister pair.

  • Hub dan Switch

Hub dan switch adalah dua perangkat berbeda yang memiliki saru kegunaan yang sama ; menghubungkan beberapa ke dalam satu jaringan.

  • Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card seringkali disebut sebagai LAN Card, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan ke dalam sebuah jaringan. Sebagian besar komputer modern saat ini sudah memiliki NIC secara built-in.

  • Router

Router adalah perangkat jaringan yang berperan untuk menghubungkan jaringan kabel (LAN) dengan jaringan nirkabel (WAN) dan mengelola lalu lintas data dalam jaringan tersebut.

  • Modem

Modem adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan penyedia layanan internet (ISP)

  • Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal dalam sebuah jaringan irkabel.

  • Wireless Card

Wireless Card adalah sebuah perangkat untuk menangkan sinyal dan menghubungkan sebuah perangkat ke jaringan nirkabel

Editor: Riski Eka

Terimakasih sudah mengunjungi website kami


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?