Front-End Technologies you need to know as a front-end Developer! - DEV  Community

Apa Itu Front End Developer Dan Skill Yang Di Butuhkan

Saat ini, semakin banyak bisnis yang membutuhkan website. Itulah mengapa pekerjaan di bidang web development sangat menjanjikan, termasuk Front End Developer. Di artikel ini mimin akan menjelaskan apa itu Front End Developer dan skill yang harus di milikinya.

Apa Itu Front End Developer?

Front End Developer adalah pengembang website yang menggunakan baris kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk menghasilkan website dengan tampilan yang menarik. Pengembangan website biasanya ada 3 bagian utama yaitu UI / UX designer, front end developer, dan back end developer. Tiga bagian ini bekerja sama untuk membangun website yang menarik dan andal.

Skill Front End Developer

Berikut beberapa skill yang di butuhkan Front End Developer, di antaranya :

1.HTML, CSS, Dan JavaScript

Frontend Developer wajib menguasai bahasa pemograman, khususnya HTML, CSS, dan JavaScript. HTML merupakan bahasa pemograman standar yang menjadi dasar dalam membangun situs. Dan CSS adalah komponen yang akan membantu dalam menciptakan tampilan dasar pada laman situsmu, seperti jenis fontlayout, serta  warna.

2.Version control / Git

Agar situs atau aplikasi yang di kembangkan berjalan lancar, kita butuh melakukan proses pemantauan dan pengendalian atas perubahan yang terjadi pada source code yang di gunakan. Proses inilah yang di kenal dengan version control.

Terdapat software yang memungkinkan dalam melakukan version control. Contohnya adalah stalwart GitTool ini dapat di gunakan untuk mendeteksi perubahan yang terjadi dengan memungkinkanmu kembali ke versi situs sebelumnya.

3.Testing

Seorang Front End Developer di himbau untuk memiliki kejelian dalam menguji code yang telah di bangun.

Selain berguna dalam mendeteksi bug pada code yang di gunakan, testing juga dapat mengetahui kelemahan yang di miliki oleh situs maupun aplikasi yang bersangkutan.

4.Browser Developer Tools

Situs juga membutuhkan web browser agar pengguna bisa melakukan interface. Oleh karena itu, Frontend Developer juga wajib menguasai penggunaan browser developer tool.

5.Memahami pengguna

Frontend Developer yang baik juga harus memahami pengguna. Usahakan untuk mempertimbangkan sudut pandang pengguna ketika melakukan pengembangan atau perbaikan pada situs atau aplikasi.

6.Memiliki keinginan untuk belajar teknologi baru

Jangan hanya puas dengan kemampuan yang sudah kamu miliki dan terus pelajari teknologi baru agar tidak ketinggalan zaman.

7.Mampu menyelesaikan masalah

Seorang Front End Developer harus mampu meneylesaikan sebuah masalah dengan sudut pandang yang objektif.

8.Komunikasi dan kerja sama tim yang baik

Dalam berbagai jenis profesi komunikasi dan kerja sama tim merupakan hal yang wajib agar bisa terhindar dari kesalah pahaman.

Baca juga : Apa Itu SEO?

Untuk Artikel Lebih Lengkapnya Bisa Mengunjungi Laman Ini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?