Pengertian jaringan WAN 

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network. WAN di gunakan untuk mendeskripsikan sebuah jaringan yang mencakup area geographical yang sangat luas seperti contohnya dalam lingkup kota maupun negara. 

Jaringan WAN di gunakan untuk banyak keperluan, misalnya untuk keperluan bisnis, pendidikan dan juga untuk keperluan pemerintahan karena fungsi dari jaringan WAN ini adalah untuk mengintegrasikan banyak komputer agar saling terkoneksi dalam mengakses informasi/data.

Pengertian Jaringan WAN 

Jaringan Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan area yang luas meliputi antar kota, wilayah danbahkan antar negara untuk bisa saling berkomunikasi dan bertukar data informasi.

Description: Jaringan WAN

shadakumar.blogspot.com

Jaringan WAN bukan merupakan sebuah konsep jaringan yang baru karena jaringan WAN ini sudah ada di dunia sejak tahun 1970. Namun konsep ini bukan merupakan konsep jaringan modern dan terbaru seperti saat ini. 

Jaringan WAN merupakan jenis jaringan yang paling banyak di gunakan di era modern seperti sekarang ini seperti contoh penggunaan jaringan internet yang menghubungkan antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Selain itu, contoh lain dari jaringan WAN ini adalah jaringan internet yang di gunakan pada kasir dan database barang dari minimarket seperti Indomaret dan supermarket besar seperti Carefour. Selain itu masih ada banyak lagi contoh penggunaan jaringan WAN ini. 

Fungsi Jaringan WAN 

Pada dasarnya, fungsi dari jaringan WAN ini adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Akan tetapi untuk fungsi lebih mendetail dari jaringan WAN ini antara lain adalah :

  • Mengintegrasikan dan menghubungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu jaringan WAN. 
  • Mempercepat arus informasi dan komunikasi yang di lakukan dalam sebuah jaringan yang lebih luas. 
  • Menjamin arus informasi yang lebih efisien
  • Mencegah terjadinya miskomunikasi
  • Lebih menghemat biaya yang di gunakan untuk keperluan operasional 
  • Mendukung operasionalitas perusahaan tingkat nasional dan internasional.

Jenis Jenis WAN

Jaringan WAN sendiri sebenarnya ada beberapa jenis yang biasa di gunakan, adapun di tiap-tipa jenisnya memiliki fungsi dan keperluan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya simak jenis-jenis WAN berikut ini :

1. Leased Line

Ini merupakan jenis Wide Area Network dengan model koneksi dedicated point to point, maksudnya koneksi ini tidak memerlukan proses call setup dalam berkirim data. Adapun mekanisme pengiriman paket data yang di lakukan sifatnya Synchronous serial.

Synchronous serial adalah sebuah komunikasi di mana pengirim atau penerima hanya 1 pihak saja yang bisa menghasilkan clock dan mengirimkannya bersamaan dengan data.

2. Circuit Switching

Pada jenis ini jaringan akan melakukan call setup terlebih dahulu untuk membentuk koneksi dengan tujuan agar bisa mulai pengiriman data.

ISDN dan PTSN adalah dua protokol pada jaringan WAN yang menggunakan jenis koneksi circuit switching untuk jaringan publik

3. Paket Switching

Jenis koneksi paket switching memiliki kelebihan bisa mengatur dan membagi bandwith ke pengguna lain dengan tujuan supaya koneksinya bisa lebih stabil dan sesuai dengan jumlah pengguna jaringan.

Paket switching ini sebenarnya pengembangan dari koneksi jenis Lased Line dengan mekanisme koneksi secara Synchronous Serial.

Kelebihan Jaringan WAN 

WAN atau Wide Area Network merupakan salah satu sistem yang termasuk dalam jaringan komputer. WAN memiliki banyak kelebihan di bandingkan dengan jaringan komputer yang lainnya. Kelebihan-kelebihan yang di miliki oleh jaringan komputer ini antara lain adalah : 

1. Luas area yang bisa di jangkau

Salah satu kelebihan yang di miliki oleh jaringan komputer ini adalah mengenai luas area yang bisa di jangkau dengan menggunakan jaringan komputer ini. Luas area yang bisa di jangkau dengan jaringan ini bisa sangat luas dan bisa di custom. 

Selain dapat membuat jaringan komputer yang lebih luas, WAN juga bisa di gunakan untuk membuat sebuah jaringan komputer yang lebih rumit. Contohnya jaringan internet dunia biasanya di buat dengan menggunakan jaringan WAN ini. 

2. Komunikasi yang lebih cepat 

Komunikasi data yang di lakukan di area yang luas seperti area komunikasi data dari negara satu dengan negara yang lain biasanya akan membutuhkan jaringan yang rumit. Jaringan ini jika tidak di atur dengan baik akan menyebabkan komunikasi data menjadi lebih lambat. 

Dengan menggunakan sistem jaringan WAN , maka komunikasi data ini menjadi lebih mudah di lakukan. Komunikasi data menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Jadi jika Anda akan merupakan perusahaan multi negara , maka kamu bisa menggunakan jaringan internal yang lebih mumpuni. 

3. Infrastruktur terpusat 

Salah satu kelebihan dari jaringan WAN yang lain adalah mengenai penggunaan infrastruktur. Dalam pembuatan sebuah jaringan untuk kebutuhan yang luas dan besar, , maka perusahaan Anda akan lebih di mudahkan dengan manajemen server yang di milikinya. 

Dengan begitu perusahaan Anda tidak perlu membuat server masing-masing dan menghemat biaya yang di gunakan untuk melakukan komunikasi antara perusahaan pusat dengan perusahaan cabang. 

4. Meningkatkan keamanan pertukaran data 

Salah satu kelebihan dari penggunaan jaringan WAN adalah mengenai kemudahannya dalam membuat keamanan untuk data Anda. Dengan menggunakan jaringan data WAN ini , maka akan lebih mudah bagi Anda untuk bertukar data yang sensitif.

Hal ini di sebabkan karena pertukaran data dengan menggunakan WAN ini biasanya memang akan di enkripsi terlebih dahulu sehingga lebih aman dan menghindari hacker untuk data yang Anda akan kirimkan. 

Selain kelebihan-kelebihan tersebut masih ada banyak lagi kelebihan dari penggunaan jaringan WAN ini, contohnya seperti bandwidth yang lebih besar, meminimalisir kebutuhan terhadap ISDN dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kekurangan Jaringan WAN

Untuk kekurangannya, jaringan WAN memiliki beberapa kekurangan. Ada 3 masalah kritis yang biasanya di rasakan oleh pengguna jaringan WAN. Apa saja kekurangan tersebut? Berikut ini ulasannya. 

1. Biaya setting yang cukup tinggi 

Salah satu kekurangan dari jaringan WAN adalah mengenai biaya setting yang cukup tinggi. WAN merupakan sebuah jaringan yang kompleks, hal inilah yang membuat jaringan ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi dalam hal pengaturannya. 

2. Masalah maintenance 

Kekurangan lain dari penggunaan jaringan WAN ini adalah masalah maintenance. Maintenance dari jaringan WAN ini bisa di sebut cukup menantang. Hal ini di sebabkan karena jaringan WAN adalah sebuah jaringan yang harus di gunakan 24/7. 

Karena harus bisa di gunakan secara terus menerus , maka masalah maintenance memang merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika terjadi down server , maka jaringan akan mengalami kelumpuhan dan akan menyebabkan kerugian. 

Editor : Lam ‘Aeni Lutfi

Terima kasih telah berkunjung di website saya, semoga selalu bahagia


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?