AMS Star – Setelah Microsoft menghentikan dukungan untuk OS Windows 10 ke bawah, cara menghapus virus di komputer Windows 7 berikut bisa menjadi alternatifnya.Dukungan keamanan untuk Windows 7 telah dihentikan oleh Microsoft sejak 14 Januari 2020.

Ini artinya perangkat dengan OS Windows 7 tidak bisa menerima pembaruan keamanan, termasuk dari serangan malware, seperti virus.Virus yang menginfeksi komputer dapat membuat data-data penting hilang, kerja sistem jadi melambat bahkan eror, sistem komputer menjadi sulit untuk dibuka, dan dampak negatif lainnya.

Oleh sebab itu, diperlukan penanganan khusus untuk menghilangkan virus-virus tersebut.Meskipun tidak mendapat dukungan resmi dari Microsoft, kamu bisa menggunakan cara menghapus virus di komputer Windows 7 berikut ini sebagai solusinya.Cara Menghapus Virus di Komputer Windows 7

1. Menggunakan software Antivirus tambahan.Software antivirus tambahan sudah banyak digunakan untuk keperluan proteksi sebuah komputer. Software ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar.

Beberapa software antivirus berikut ini bisa menjadi rekomendasi untuk yang ingin menghapus virus di Windows 7.
– Avast Antivirus- AVG Antivirus.
– Avira Free Security.
– Kaspersky Security Cloud Free.
– Bitfdefender Antrivirus.

2. Menggunakan Command PromptJika tidak ingin meng-install software antivirus, kamu bisa menggunakan Command Propmt untuk menghilangkan virus yang ada di perangkatmu.
Temukan drive yang terinfeksi virus.
– Buka ikon Start.
– Tuliskan CMD pada search bar lalu tekan Enter.
– Klik kanan pada menu Command Prompt lalu pilih Run as Administrator.
– Ketikkan perintah “dir _:attrib -s- h/s/d” dan ganti simbol garis bawah dengan nama drive yang terinfeksi virus (jika drive D yang terinfeksi virus, ketikkan D sebelum simbol titik dua).
– Command Propmt melakukan scanning lokasi terinfeksinya virus di drive yang ditulis.
– Cari file yang memiliki ekstensi .exe lalu hapus semua file dengan ekstensi tersebut.

3. Menggunakan Microsoft Security EssentialsMicrosoft Security Essentials merupakan aplikasi antivirus default yang ada di Windows 7.

Meskipun sudah tidak bisa menerima update dari Microsoft, berikut ini cara menghapus virus melalui Microsoft Security Essentials jika kamu masih ingin mencoba menggunakannya.
– Pilih ikon Start.
– Ketikan Microsoft Security Essentials pada search bar lalu tekan Enter.
– Pilih opsi Scan lalu pilih Full.
– Pilih Scan now.
– Virus-virus yang menginfeksi perangkatmu akan ditampilkan. Kamu bisa memilih untuk menghapus sebagian atau seluruhnya.Jika cara menghapus virus di komputer Windows 7 tersebut masih belum maksimal menghilangkan malware di perangkatmu, kamu bisa melakukan update sistem operasi ke Windows yang lebih tinggi sehingga mendapatkan dukungan keamanan yang lebih baik dari Microsoft.

Editor by : AMS Star

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?