UNIX adalah sebuah sistem operasi (OS) yang dikembangkan pada tahun 1965 melalui project sebelumnya yang bernama Multiplexed Information and Computing Service atau disingkat Multics dengan harapan UNIX ini menjadi sistem operasi yang dapat melakukan multitasking, portable dan dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna (multi user). Project ini dibiayai sepenuhnya oleh Departemen Pertahanan Amerika (DARPA).

Sumber : https://www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2017/12/pengertian-UNIX-featured-680×350.jpg

Ciri khas dari UNIX yang portable, multi user serta multitasking bagi para penggunanya. Maksud dari server merupakan sistem komputer yang menangani beberapa komputer lain, bisa dalam bentuk jaringan ethernet maupun internet.

Ciri – Ciri Sistem Operasi UNIX

Pada sistem operasi UNIX anda dapat menemukan ciri – ciri yang sekaligus menjadi pembeda dengan sistem operasi lain seperti Windows ataupun MacOS.

Contoh UNIX
Tampilan pada sistem UNIX versi 7

Sumber : https://www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2017/12/Tampilan-pada-sistem-UNIX-versi-7.png

Sistem operasi UNIX ini tergolong multiuser dan multitasking. Maksud dari multiuser adalah memungkinkan bagi beberapa pengguna untuk menggunakannya dalam waktu bersamaan. Sedangkan multitasking adalah tersedianya fitur untuk menjalankan suatu proses atau program dalam waktu yang bersama pula.

Sistem operasi UNIX ini tergolong portable, hal ini memungkinkan anda dapat menjalankan ke sistem komputer lain dan bahkan pada semua jenis komputer. Kemudahan yang bisa didapatkan para pengguna sistem operasi UNIX adalah ketika mengakses dan mengorganisasi setiap informasi/data yang dimiliki. Selain itu terdapat fungsi utilitas yakni penyesuaian program dengan setiap kebutuhan atau keinginan pengguna.

Editor : Hidayat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?