Teknologi 5G juga disebut bisa menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses seluler dan Wi-Fi. Artinya, pengguna dapat terus terhubung saat mereka berpindah koneksi dari nirkabel luar ruangan ke jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa perlu mengautentikasi ulang.

Memiliki kecepatan data yang jauh lebih tinggi dibandingkan 4G, membuat penggunanya akan lebih nyaman setelah memakainya. Teknologi 5G akan memperkenalkan kemajuan di seluruh arsitektur jaringan. Radio Baru 5G, standar global untuk antarmuka udara nirkabel 5G yang lebih mumpuni juga akan mencakup spektrum yang tidak digunakan dalam 4G.

tokopedia.com

Keunggulan 5G

Teknologi 5G memiliki kecepatan puncak teoritis 20 Gbps, sedangkan kecepatan puncak 4G hanya 1 Gbps. 5G juga menjanjikan latensi yang lebih rendah, dan dapat meningkatkan kinerja aplikasi bisnis serta pengalaman digital lainnya (seperti game online, konferensi video, dan mobil self-driving. Sementara teknologi seluler generasi sebelumnya (seperti 4G LTE), hanya berfokus untuk memastikan konektivitas, 5G membawa konektivitas ke tingkat berikutnya dengan menghadirkan pengalaman terhubung dari cloud ke klien. Jaringan 5G tervirtualisasi dan digerakkan oleh perangkat lunak, dan mereka mengeksploitasi teknologi cloud.

Arsitektur 5G akan menjadi platform yang ditentukan perangkat lunak, di mana fungsionalitas jaringan dikelola melalui perangkat lunak daripada perangkat keras. 5G juga meningkatkan pengalaman digital melalui otomatisasi yang mendukung pembelajaran mesin.

Pengaruh teknologi 5G

Teknologi 5G tidak hanya akan mengantarkan era baru peningkatan kinerja dan kecepatan jaringan, tetapi juga pengalaman terhubung baru bagi pengguna. Dalam perawatan kesehatan, teknologi 5G dan konektivitas Wi-Fi 6 akan memungkinkan pasien untuk dipantau melalui perangkat terhubung yang terus-menerus mengirimkan data tentang indikator kesehatan utama, seperti detak jantung dan tekanan darah
Di industri otomotif, 5G yang dikombinasikan dengan algoritme berbasis ML akan memberikan informasi tentang lalu lintas, kecelakaan, dan banyak lagi. Kendaraan akan dapat berbagi informasi dengan kendaraan dan entitas lain di jalan raya, seperti lampu lalu lintas

Editor avica ramandani


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?