Berikut tools yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android.

IDE Eclipse

Eclipse adalah IDE yang di pakai untuk pemrograman android. Khususnya bagi pemula saya sarankan belajar dulu pake IDE Eclipse agar tidak mengalami kesulitan. Ada terkadang kebanyakan programer java datang dari NetBeans yang terkadang ketika beralih ke Android langsung pakai IDE Netbeans. Pengalaman saya pribadi, awal belajar saya pakai Eclipse. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja.

IDE Android Studio

Melihat perkembangan saat ini, Android Studio saat ini sudah menjadi official IDE untuk Android Development, artinya di web resmi Android Developer di katakan kedepannya direkomendasikan harus menggunakan IDE Android Studio.

Namun bagi pemula, jangan langsung pakai Android Studio. Kemungkinan akan susah dalam pemahaman nya. Apalagi dengan spesifikasi Komputer yang minimun sekali..

Pahami arsitektur android (design pattern, komponen)

Kenali apa itu android, website resminya memiliki informasi yang sangat berlimpah, mulai dari materi training, sampai materi untuk design apps android. Kita harus mengerti untuk membuat apps android itu ada aturannya misal design, apps terdiri dari apa saja komponennya, bentuk buttonnya seperti apa, kemudian kapan menggunakan tab layout kapan menggunakan navigation drawer. Berikut ini ntuk best practices android development.

  • Baca tutorial,ikut course, ikut group android programming. Membaca tutorial, misal salah satu web yang mengupas android di AndroidHive, selain itu Vogella juga memiliki banyak tutorial yang enak untuk dibaca. Untuk course saya menyarankan ikut yang dari google link, course ini sangat bagus sekali, dengan penjelasan lengkap dan materi yang saya rasa dari level entry sampai level medium hard.
  • Selanjutnya gabung ke milis/groups/community, baik secara online maupun luring, google plus community adalah salah satu tempat bisa di kunjungi untuk update informasi terbaru mengenai android development, selain itu kaskus juga bisa (di kaskus lebih sering jawab pertanyaan daripada dapat informasi baru), lalu subreddit androiddev, dan GoogleGroup id-android.
  • Gunakan IDE Eclipse jika mau belajar pemula jangan langsung menggunakan Android Studio
  • Sering gabung di Grup, forum atau para Developer untuk banyak bertanya.
Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?