Bagi kamu yang merasa ingin belajar JavaScript dari nol, maka kamu perlu menyimak beberapa strategi JavaScript untuk pemula berikut ini.

1. Belajar lewat situs jejaring secara mandiri

Kamu bisa mempelajari JavaScript secara mandiri lewat internet. Jika kamu tidak memiliki waktu dan biaya lebih untuk program kursus formal, maka kursus daring akan menjadi lebih fleksibel buat kamu yang ingin belajar JavaScript. Meski begitu, program gratis yang disediakan internet memiliki keterbatasan di bagian arahan dan dukungan secara langsung.

Adapun beberapa kursus yang bisa diakses untuk mempelajari JavaScript secara daring adalah sebagai berikut:

Introduction to JavaScript oleh FreeCodeCamp

Intro to JS: Drawing and Animation oleh Khan Academy

JavaScript Guide oleh Mozilla Development Network (MDN)

Modern JavaScript from the Beginning oleh Udemy

Introduction to JavaScript oleh Codecadem

2.Bergabung pada jaringan atau komunitas (networking)

Sama halnya mengikuti bootcamp, mengikuti komunitas atau jaringan belajar JavaScript juga merupakan cara paling tepat secara praktis. Pertemuan dan komunikasi yang holistik mengenai JavaScript dari berbagai pihak akan lebih memudahkan seseorang untuk memahami dan mengaplikasikan ilmunya secara efektif.

Belajar bersama dengan orang-orang dengan minat yang sama dapat menumbuhkan efisiensi dan motivasi diri untuk menguasai JavaScript. Hal ini secara teknis akan membantu seseorang untuk mengeksplorasi pengetahuan dan langkah praktikal.

 3.Mulailah proyekmu sendiri

Langkah terakhir dalam mempelajari JavaScript adalah mengimplementasikan pengetahuan. Oleh karena itu, kamu perlu mencoba menerapkan hal-hal yang sudah dipelajari pada suatu langkah praktis membuat proyek mandiri. Kamu bisa mencoba tutorial dan membuat kode dengan pemrograman kecil-kecilan. Proyek ini bisa berupa fitur kecil ke dalam program yang sudah ada atau membuat ekstensi Chrome. Proyek ini pun bisa dilakukan secara kolaboratif bersama komunitas atau rekan-rekan dengan minat yang sama dalam JavaScript.

Editor:ninapj


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?