SQL Pengertian Sejarah fungsi dan perintah dasar

Bahasa pemprograman saat ini sangat banyak seperti PHP,Java,Python,SQl, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan salah satu bahasa yang paling populer yaitu SQl. Untuk saat ini, banyak programmer yang menggunakan SQl untuk merancang aplikasi.

Pengertian SQL

Stuctured Query Langauge atau SQL adalah  bahasa query yang berfungsi untuk membantu dalam pengambilan dan mengelola informasi pada sebuah database. Untuk yang masih pemula dalam dunai IT, biasanya sebagai bahasa yang berguna untuk mengakses sebuah data dalam basis relasional. Profesi yang menangani bahasa ini adalah Back-End Developer dan Full Stack developer.

Sejarah

Sejarah dimulai pada tahun 1969 dimana seorang peniliti bnama Dr. F. Codd membuat papper tentang teori Relational Database untuk pertama kalinya. Yang dinamakan DSL/Alpha yang dapat mampu untuk melakukan manajemen data dalam database relasional.

Pada tahun 1970 dua orang peniliti dari IBM bernama Donald Chamberlin dan Raymond F. Boyce mengembangkan SQUERE lebih lanjut dan mengubah namanya menjadi SQUEL (Structure English Query Langauge). Karena pengejaan yang sulit, maka diganti menjadi SQL.

Fungsi

  • Dapat memanipulasi dan mengakses database
  • Mampu mengeksekuasi query
  • Dapat mengatur hak user

Perintah Dasar

  • Data Definition Langauge (DDL)

yaitu create, alter, rename, drop, show.

  • Data Manipulation Langauge (DML)

yaitu insert, select, update, delete.

  • Data Control Langauge (DCL)

yaitu grant, revoke.

#Apa Itu PHP?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?