Apai itu Speedtest ?. Berikut mimin jelaskan aplikasi Speedtest:

Speed test berfungsi mengukur kecepatan maksimum koneksi internet yang kamu gunakan saat itu. Hal ini di lakukan dengan mengirim dan menerima berkas data ke server yang menerima tes di sekitar lokasimu.

Bits atau Bytes?

Kedua satuan ini memang sering membingungkan. Apalagi kalau sudah ditulis dengan singkatan. Padahal bisa sangat berbeda artinya.

Untuk kecepatan transfer data jaringan, biasanya yang digunakan adalah bits. Jadi, satuannya adalah bits per second (bps), kilobits per second (Kbps), megabits per second (Mbps), dst. Ada juga yang menulis Kb/sec atau Kb/s.

Sedangkan untuk kecepatan transfer data untuk perangkat komputer bukan jaringan (misalnya hard disk), biasanya yang digunakan adalah bytes. Satuannya adalah bytes per second (Bps), kilobytes per second (KBps), megabytes per second (MBps), dst.

Cara kerja Speedtest:

  • Latency — Seberapa cepat transfer data (pergi dan kembali) antara komputermu dan server yang bersangkutan. Biasanya di hitung dalam satuan milisecond.
  • Download Speed — Seberapa cepat data di tarik dari server yang bersangkutan. Biasanya di hitung dengan satuan megabits per second (Mbps).
  • Upload Speed — Seberapa cepat data dikirim ke server yang bersangkutan. Biasanya di hitung dalam satuan megabits per second (Mbps).

Cara menggunakannya:

  • Restart perangkat
  • Jangan gunakan koneksi untuk aplikasi lain.
  • Bersihkan cache.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil:

  1. Lokasi/server.
  2. usia perangkat
  3. Gangguan jaringan
  4. Kouta /FUP
  5. jenis koneksi
  6. Jaringan komunikasi
  7. Badwidth.

Selengkapnya di laman ini serta ini


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?