Sumber : https://sp-ao.shortpixel.ai/client/to_webp,q_glossy,ret_img,w_801/https://www.utopicomputers.com/wp-content/uploads/2018/09/Gambar-Software-Shareware.jpg

Software Shareware adalah sebuah software yang dapat didownload dan digunakan secara gratis, akan tetapi dalam penggunaannya memiliki batasan fitur atau waktu tertentu. Dan apabila pengguna ingin memiliki dan menggunakan software tanpa batasan, pengguna harus membeli lisensi dari pengembang software tersebut.

Biasanya software Shareware memiliki batas pemakaian selama 30 hari, ada juga software Shareware yang hanya dapat digunakan sebanyak 30 kali. Dan apabila software tersebut sudah habis masa berlakunya maka pengguna harus melakukan pembelian agar dapat menggunakan software tersebut seterusnya. Selain itu ada juga software Shareware yang dapat digunakan tanpa batasan waktu, tetapi pengguna tidak dapat menggunakan semua fitur yang ditawarkan oleh software tersebut, sebelum melakukan pembelian.

Contoh Software Shareware

  • Internet Download Manager : Merupakan salah satu contoh software Shareware yang menggunakan batasan waktu pemakaian. Software dapat digunakan secara gratis selama 30 hari, dan setelah lebih dari kurun waktu tersebut. Pengguna perlu melakukan pembelian lisensi agar dapat menggunakannya secara terus menerus.
  • Microsoft Windows : Merupakan contoh software Shareware yang juga menggunakan limit waktu pemakaian, biasanya software ini dapat digunakan secara gratis dalam kurun waktu 60 hari. Sama seperti software sebelumnya, untuk dapat menggunakan terus menerus pengguna perlu membeli lisensi dari Microsoft dan memasangnya pada komputer.
  • Norton AntiVirus : Merupakan software Shareware yang dapat digunakan secara gratis selama 30 hari, software ini terkenal dengan kehandalannya untuk membersihkan dan menangkal komputer dari serangan virus.
  • CyberLink PowerDVD : Merupakan salah satu contoh Shareware yang dapat digunakan secara gratis dalam kurun waktu tertentu. Software ini dapat membantu pengguna untuk memutar film dengan format DVD dan Blu-ray.
  • Winrar : Merupakan software shareware yang dapat gunakan untuk kompresi data, software ini juga mempunyai batasan penggunaan gratis selama 30 hari, Setelah itu pengguna perlu membeli lisensi kepada pengembang agar dapat menggunakannya kembali.

Editor : Hidayat

Kategori: Software

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?