SOFTWARE PEMANIPULASI FOTO TERBAIK

Editing foto dan manipulasi gambar menjadi hal biasa dalam dunia fotografi. Bahkan tidak hanya fotografer, banyak sekali pengguna yang bermain dengan editing foto untuk menciptakan gambar yang lebih baik. Anda juga bisa melakukan editing foto melalui aplikasi smartphone maupun program komputer. Para fotografer profesional menggunakan software terbaik untuk melakukan editing foto dari jepretan maupun stok gambar. Apa software itu? Software tersebut bernama Adobe

Adobe Lightroom memberikan fasilitas editing foto dengan beragam fitur khusus. Bagi orang multimedia, sudah pastinya mengenal software Lightroom ini khususnya yang terjun di dunia fotografi. Karena kelebihan dan kemudahan fiturnya membuat Lightroom populer dan memiliki rating yang bagus untuk dipakai sebagai software editing. Apakah Anda sudah mempelajari secara dalam pengetahuan umum dari Adobe Lightroom ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lihat Juga : Pengertian Adobe Animate CCIsitampilkan

Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom

Pengertian Adobe Photoshop Lightroom
PengembangAdobe Systems
Rilis Awal19 September 2017
Stabil Rilis15 Desember 2020 / Lightroom 4.1.1
Sistem OperasiWindows 10 (x64), Mac OS, iOS, Android, tvOS
TipePengedit Gambar, Manipulasi Gambar
LisensiSaaS
Situs Webadobe.com/produk/photoshop-lightroom.html

Di kenal dengan Lightroom, software ini bernama lengkap Adobe Photoshop Lightroom adalah perangkat lunak manipulasi gambar sebagai pengedit foto. Software Lightroom di rancang untuk dunia fotografi. Terutama di manfaatkan para fotografer untuk melakukan retouch dan permainan gradasi warna pada foto agar lebih terlihat artistik. Software keluaran Adobe ini mirip dengan Adobe Photoshop, perbedaannya terletak pada letak variasi dan komposisi tonal warnanya.

Kegunaan utama dari software Lightroom ini dapat melakukan import export, menyimpan, melihat, mengatur, penanda, pengedit, dan fungsi manipulasi foto lainnya. Lightroom memberikan kemudahan pengguna untuk editing pewarnaan dan pencahayaan pada gambar. Adobe juga membuka dukungan software ini untuk versi PC (Windows dan Mac OS) maupun di perangkat mobile (Android dan iOS).

Adobe Lightroom di kembangkan pada tahun 1999, oleh Mark Hamburg pengembang Photoshop. Seorang mantan desainer antarmuka untuk Adobe Creative Suite, Andrei Herasimchuk menghubungi Hamburg untuk mendapatkan dan bergabung dengan proyek baru. Proyek tersebut bernama “Shadowland”, yang berangkat dari banyak konvensi yang di dirikan Adobe.

Sejarah Adobe Lightroom

Mantan desainer antarmuka di tim Adobe Photoshop Herasimchuk, Sandy Alves dan Grace Kim peneliti produk Adobe melakukan penelitian beberapa tahun, hingga Shadowland mendapatkan momentum sekitar tahun 2004. Saat itu Herasimchuk memilih meninggalkan Adobe System dan memulai perusahaan baru di Silicon Valley. Hamburg memulai pengembangan proyek Lightroom dan memilih Phil Clevenger, seorang mantan Kai Krause untuk menciptakan antarmuka baru pada aplikasi.

Pengembang Photoshop Lightroom di antaranya sebagian dari pekerja di Minnesota yang telah membuat program Adobe Image Ready. Mereka adalah Troy Gaul, Melissa Gaul, dan beberapa krunya (Minnesota Phats), dan Hamburg sebagai pengembang arsitektur di balik aplikasi. Juga seorang fotografer terampil bernama George Jardine sebagai manajer produk.

Pengembangan awal (versi beta) dimulai pada 9 Januari 2006, di kenal sebagai Photoshop Lightroom dirilis ke publik sebagai Macintosh pada situs Adobe Labs. Dengan pengembangan ini Adobe menggunakan metode dalam mengembangkan Adobe Photoshop CS3. Pada tanggal 9 Januari 2006, Adobe mengumumkan akuisisinya terhadap aset teknologi dari Pixmantec, pengembang RawShooter (perangkat lunak pengolah gambar). Pada tanggal 18 Juli 2006 rilis Beta 3, dengan tambahan dukungan untuk sistem Microsoft Windows.

Kemudian pada 25 September 2006, rilislah Beta 4 dengan bergabung ke dalam berbagai produk Photoshop, hingga di ikuti minor update pada 19 Oktober sebagai Beta 4.1.

Editor : Filly Agasta


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?