Pengertian Software

Jadi, pengertian software adalah suatu program komputer yang mampu menjembatani para pengguna dengan perangkat keras, baik itu komputer ataupun PC. Selain itu, software adalah suatu aplikasi yang terbuat dari sekumpulan kode bahasa pemrograman tertentu.

Itu artinya, pengertian software adalah suatu data yang diprogram ataupun disimpan secara digital dan tidak mempunyai wujud, tapi berada di dalam suatu komputer. Selain itu, ada juga yang menjelaskan bahwa pengertian software adalah kumpulan berbagai data elektronik berbentuk program ataupun instruksi yang disimpan serta dikelola oleh mesin komputer.

Software itu sendiri dibuat oleh para developer atau programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu agar bisa digabungkan menjadi sebuah kode yang mampu dikenali oleh perangkat keras.

Software dibuat agar lebih mempermudah pekerjaan manusia, seperti untuk berhitung, membuat dokumen, mengolah gambar, dll.

Fungsi Software Adalah

Software memiliki berbagai fungsi untuk para penggunanya. Beberapa fungsi utama dari software adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan berbagai fungsi dasar untuk keperluan komputer agar bisa dijalankan. Seperti untuk menyediakan sistem operasi dan berbagai sistem pendukung lainnya di dalam komputer.
  • Mengatur kinerja hardware yang terdapat di dalam komputer agar bisa berjalan secara lebih simultan.
  • Sebagai penghubung antar setiap software dan hardware yang terdapat di dalam komputer.
  • Sebagai penerjemah atas suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga akan lebih mudah untuk dimengerti ataupun diterima oleh hardware.
  • Berguna untuk melakukan identifikasi pada suatu program komputer.

Jenis-Jenis Software

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka software pun terus mengalami perkembangan yang cepat. Terbukti bahwa saat ini sudah banyak software yang tersedia, dari mulai yang berbayar hingga yang gratis.

Saat ini, setidaknya terdapat dua jenis software yang banyak digunakan oleh masyarakat, yakni software sistem operasi dan software pengolah kata. Berikut ini adalah penjabarannya.

1. Sistem Operasi

Operating System (OS) atau sistem operasi adalah software yang memiliki peran penting dalam suatu komputer. Karena tanpa adanya sistem operasi, setiap pengguna tidak akan bisa menjalankan dan juga memanfaatkan komputernya sama sekali.

Sistem operasi adalah software kompleks yang di dalamnya banyak sekali manfaat, seperti untuk mengatur semua kinerja hardware dan terintegrasi dengan CPU, memberikan perintah pada processor agar bisa mengerjakan perintah pengguna dengan baik, mengatur berbagai proses yang terjadi di dalam CPU, serta menjadi platform dalam menjalankan software yang diperlukan oleh pengguna.

Sistem operasi mampu memberikan jaminan pada software yang berbeda agar bisa melakukan berbagai tugasnya dengan baik, tanpa harus mengganggu satu sama lain. Anda bisa membuktikan kemampuannya dalam mengelola penjadwalan, yang mana pada setiap aplikasi yang berjalan bersamaan akan bisa memperoleh waktu dan cukup untuk menggunakan CPU yang ada.

Umumnya, sistem operasi ini mampu memberikan hak izin pada software untuk bisa menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu secara bersamaan.

2. Software Pengolah Kata

Sama seperti namanya, software pengolah kata adalah software yang digunakan untuk keperluan menulis.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?