Kalian tentu sudah mengenal banyak macam sistem operasi, tapi apakah kalian mengenal sistem operasi bada dari samsung? Pasti sedikit asing bukan di telinga kalian? nah berikut mimin akan membagikan ulasan mengenai OSBada dari samsung ini.

Pengertian sistem operasi bada Samsung

Bada OS adalah sistem operasi seluler pertama milik Samsung yang di luncurkan pada tahun 2010. Samsung Wave adalah smartphone pertama yang menggunakan OS seluler ini. Bada menyediakan fitur seluler seperti multi-sentuh, grafik 3D dan tentu saja, download dan instalasi aplikasi.

Penulisan dari Bada sendiri di tulis menggunakan huruf b kecil oleh pembuatnya yaitu bren samsung, Bisa di bilang Sistem operasi bada adalah sistem operasi yang di hentikan untuk perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan komputer tablet saat ini dan hanya bisa di gunakan di jenis hp samsung keluaran lama. Dan saat ini sudah tidak di produksi oleh samsung. Pada awalnya Os ini di kembangkan oleh Samsung Electronics. Namanya berasal dari “바다 (bada)”, yang berarti “lautan” atau “laut” dalam bahasa Korea. Mulai dari smartphone kelas menengah hingga kelas atas. Samsung bada di luncurkan di Indonesia pada 10 Desember 2009 di Jakarta. Pada peluncurannya, Samsung juga mengumumkan bada SDK (Software Development Kit) sebagai mitra bisnis.

Karakteristik utama bada operation system

  • User – interface (UI)

Samsung bada memiliki teknologi TouchWiz User Interface. Teknologi ini memberi kemudahan dan UI yang intuitif tanpa mengabaikan efisiensi. Samsung bada memiliki flash controlweb control, sensor gerakan, fine – tuned vibration control dan face detection untuk meningkatkan kreativitas dan interaksi pengguna. Selain itu, juga di dukung dengan aplikasi context – aware berbasis sesnsor gerakan. Dan banyak sensor yang ada dan diterapkan, seperti akselerometer, gerakan miring, cuaca, proksimiti dan sensor aktif, memungkinkan aplikasi yang digunakan pengembang teknologi mudah dalam mengimplementasikan context – aware.

  • Service Oriented

Samsung bada di lengkapi dengan berbagai fitur seperti jaringan sosial, perangkat sinkronisasi, manajemen konten, layanan berbasis lokasi, dan layanan perdagangan. Fitur –fitur yang ada tersebut di dukung oleh back – end server bada. Fitur inovatif yang di tujukan bagi para pengembang ini menunjang pengembang teknologi untuk mengimplementasikan berbagai layanan tanpa upaya tambahan.

  • Open and Configurable

Basis bada fleksibel dan mudah di terapkan pada berbagai perangkat. Samsung bada memungkinkan kemudahan bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi yang menarik dan mudah. Aplikasi dapat memanfaatkan fungsi perangkat untuk membuat panggilan telepon, mengirim pesan, atau mengakses daftar kontak. Berbagai aplikasi layanan dapat berbagi informasi seperti profil pribadi, hubungan sosial, jadwal, atau konten yang berisi konfirmasi pengguna yang praktis agar dapat memberikan pelayanan lebih personal dan perluasan layanan yang kooperatif.

Fitur dan Layanan yang ada pada bada

  • User – Interface (UI)

Terdapat tiga unsur UI dalam membangun aplikasi yang interaktif dan menarik:

  1. Common UI elements
  2. Adaptive UI elements
  3. Advancec interaction UI elements

Tiga unsur tersebut memberikan kontrol UI yang variatif, pemetaan kemampuan, integrasi web, dan Adobe Flash TM. Selain itu, juga mendukung otomatisasi dalam mengubah ukuran UI antara WVGA dan WQVGA. Sedangkan, bagi para pengembang, bada menyediakan beberapa alat canggih seperti multi – touch, vibrasi, motion, sensor, dan pengenalan wajah (face recognition).

  • Game

bada memfasilitasi pengembangan game dengan menyediakan set yang kaya untuk namespaces dan classes melalui Samsung Bada API ( Application Programming Interface).

  • Messaging

Messaging API Samsung Bada mendukung push message dan exchange. Di mana, aplikasi dapat langsung menggunakan fungsi pesan dasar dalam ponsel bada.

  • Jaringan

Jaringan dari bada API menyediakan dukungan untuk komunikasi antara perangkat dengan perangkat lainnya atau perangkat dengan server. Samsung Bada menghadirkan Wi-FI, Bluetooth, tookit HTTP dan toolkit socket. Wi-fi mendukung infrastructur dan mode ad-hoc. Bluetooth berperan sebagai bagian dari jaringan tingkat tinggi.

  • Web

bada menyediakan fungsionalitas internet. Web namespace memungkinkan menampilkan halaman HTML di aplikasi bada.

  • Media

bada API mendukung format audio, video, gambar, rekaman dan streaming. Bada menyediakan tool pada file manajemen untuk remote media (transcoding, penyimpanan jarak jauh atau remote storage, dan sharing).

  • Location Based Services (LBS)

bada mendukung location recognition, fungsi map (peta) terkait, fungsi routing untuk memberi informasi kepada aplikasi tentang rute antara dua titik, dan POI search untuk memberi informasi kepada aplikasi berdasarkan informasi lokasi yang diperoleh seperti restoran dan SPBU

  • Jejaring Sosial

Namespace SNS menunjang untuk membangun aplikai yang peduli pada kehidupan sosial penggunanya.

  • Commerce

Fitur commerce memungkinkan transaksi komersial dalam aplikasi. Pertdagangan ini dapat berupa perdagangan item-item gae dan musik.

Dan untuk lengkapnya lagii kalian bisa mengunjungi web berikut ini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?