Sistem Operasi  : Pengertian Jenis dan Fungsi

Sistem Operasi  : Pengertian Jenis dan Fungsi – Sistem operasi menjadi satu kesatuan yang sangat penting karena meimiliki peran yang sangat penting dalam setiap aktivitas komputer.

Pengertian

Operating system atau system operasi adalah perangkat lunak (software) yang dapat melakukan tugas  mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar system lainnya dan juga untuk menjalankan program aplikasi.

Fungsi

Berikut beberapa fungsi dari operasi syste;

  • Manajmemen sumber daya komputer
  • Berperan sebagai aplikasi dasar sebuah perangkat
  • Menghubungkan hardware
  • Mengoptimalkan fungsi sebuah perangkat
  • Mengatur system kerja

Jenis Jenis Operasi Dasar Komputer

Ada beberapa jenis operasi dasar, antara lain ;

  • Windows

Menjadi salah satu system operasi yang populer, Windows selalu melakukan pembaharuan demi meningkatkan pengalaman pengguna.

Karena sistemnya yang kompatibel dengan dengan banyak software banyak pengguna yang menggunakan system operasi ini. Dan juga terdapat banyak program yang berjalan baik dengan menggunakan system operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini. Selain itu memiliki bahasa pemprograman yaitu C, C++, C#.

  • MacOS

Macintosh Operating Sistem atau MacOS ini merupakan system operasi keluaran Apple. Namun ssitem ini yang dapat bekerja khusus untuk perangkat milik Apple.

Meimiliki keunggulan yaitu jarang ditemukan bug dan mamu membuat perangkat sulit untuk di retas. MacOS memiliki bahasa pemprograman C++, Objective C, dan Swift.

  • Linux

Berbeda dengan yang lain Linux merupakan system open source yang dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapapun. Dan juga tersedia banyak versi open source yang dapat diunduh gratis.

Bahasa pemprogramannya antara lain C dan Assembly.

#Rekomendasi Lapotop Untuk Tahun 2022


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?