macOS, atau yang sebelumnya disebut OS X, adalah sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk komputer Macintosh.

Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”.

Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).macOS Server juga dirilis pada tahun 2001.

Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standard-nya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup peranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar.

Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah peranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.

Rilis terkini macOS diumumkan pada World Wide Developer Conference (WWDC) 2019 dengan kode Catalina dengan versi 10.15.

Informasi rilis Mac OS X, OS X, dan macOS. Note 1Power Mac G5 memiliki versi Jaguar khusus.Note 2Tiger tidak mendukung aplikasi 64-bit dengan antarmuka grafis hanya aplikasi 64-bit dengan antarmuka baris.Note 3Aplikasi PowerPC 32-bit didukung pada perangkat Intel menggunakan Rosetta.Kecuali Mac OS X Server 1.0 dan rilis beta, versi OS X diberi nama kucing besar hingga OS X 10.9 Maveriks, ketika Apple beralih menggunakan lokasi di California. Sebelum dirilis, Mac OS X 10.0 memiliki kode “Cheetah” dan Mac OS X 10.1 memilliki kode “Puma” secara internal. Dengan antisipasi tinggi pada Mac OS X 10.2 “Jaguar”, Apple mulai menggunakan kode sebagai bagian dari pemasaran. “Panther”, “Tiger” dan “Leopard” adalah merek dagang Apple, tetapi “Cheetah”, “Puma” dan “Jaguar” tidak. Apple juga mendaftarkan “Lynx” dan”Cougar” sebagai merek dagang, meski tidak digunakan sampai waktu berakhir.Antarmuka AquaSalah satu perbedaan besar dari Mac OS Klasik dan Mac OS X adalah penggunaan Aqua, sebuah antar muka grafis dengan elemen seperti air, pada rilis pertama Mac OS X. Setiap elemen window, teks, grafis, tombol, dll ditampilkan menggunakan teknologi antialiasing. ColorSync, tekonolgi yang telah dikembang sebelumnya, ditingkatkan dan dimasukkan ke dalam core drawing engine, sehingga dapat menyetarakan warna untuk multimedia dan percetakan.

Selain itu, bayangan ditambahkan di sekitar window dan beberapa teks untuk memberikan efek kedalaman.

Elemen antarmuka baru ditambahkan, seperti sheets (kotak dialog yang terikat pada window tertentu) dan drawers, yang dapat keluar dan memberikan opsi tambahan.Dukungan multibahasaTerdapat 39 bahasa sistem tersedia untuk macOS pada saat pemasangan; bahas sistem digunakan pada seluruh sistem operasi. Metode input untuk berbagai huruf dapat dipilih secara terpisah.

Pembaruan terikini menambahkan dukungan untuk karakter bahasa Cina.Metode pembaruan macOS dapat diperbarui melalui panel Software Update di System Preferences atau menggunakan “software update” pada antarmuka baris.

Hingga OS X 10.8 Mountain Lion, terdapat Software Update terpisah untuk melakukan hal ini. Pada Mountain Lion dan setelahnya, hal ini digabungkan dengan aplikasi MacApp Store, meski mekanisme pembaruan tidak berubah dan berbeda dengan mekanisme unduh untuk aplikasi pada App Store. Pada macOS 10.14 Mojave, fungi pembaruan dipindahkan lagi ke Software Update.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?