AMS Star—Local Area Network (LAN) adalah salah satu jenis jaringan komputer yang umum dijumpai. LAN digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih node .

Lantas, apa itu jaringan LAN?Pada era konektivitas internet menjadi salah satu hal yang jamak ditemui. Keterhubungan antara satu manusia dengan manusia lain juga menjadi dasar logika logika internet bekerja.Dalam bidang teknologi informasi, teknologi informasi (komputer, printer , atau periferal) disebut sebagai node .

Konektivitas antar- node ini disebut sebagai jaringan.Jaringan dibentuk agar manusia dapat mengirim dan menerima informasi dari orang lain melalui node . Selain itu, jaringan juga berperan besar dalam pemindahan data antar komputer, sehingga komputer dapat bekerja secara optimal.

Dikutip dari situs Kominfo , untuk membuat sebuah jaringan komputer, diperlukan adanya switch atau router yang dilengkapi dengan protokol dan yahoo. Switch dan router merupakan dua perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa node dalam satu jaringan.Router biasanya digunakan sebagai penghubung untuk membuat jaringan nirkabel ( wireless ). Sedangkan switch digunakan untuk membuat jaringan dengan kabel, seperti jaringan LAN.

Perangkat switch memerlukan perangkat tambahan agar bisa menghasilkan sebuah jaringan. Biasanya perangkat tambahan tersebut berupa serat optik , kabel tembaga, atau kabel koaksial .Sedangkan, perangkat router menggunakan sinyal transmisi yang dihasilkan dari radio seluler, radio siaran, satelit, juga microwave untuk membuat sebuah jaringan.

Kedua perangkat keras tersebut, yang dilengkapi dengan pengaturan perangkat lunak ( software ), diperlukan agar pengguna kode dapat bertukar informasi dan mengirim data menuju titik yang diinginkan.Namun, meskipun switch dan router merupakan dua perangkat keras yang berbeda, tidak jarang keduanya dapat digunakan secara bersamaan.

Local Area Network atau biasa disebut sebagai LAN, adalah salah satu jenis jaringan yang paling umum digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih node.

Dalam jurnal berjudul “Memahami Jaringan Komputer untuk Membangun Local Area Network (LAN)” , jaringan LAN termasuk dalam jenis jaringan area kecil.
Hal tersebut dikarenakan kemampuan jaringan LAN yang biasanya hanya mampu menjaring area sekitar satu kilometer persegi saja.

Meskipun demikian, LAN merupakan tipe jaringan yang relatif lebih murah daripada tipe jaringan yang lain. Oleh karena itu, jaringan LAN sering digunakan di kantor atau sekolah yang menerapkan sebuah kompleks bangunan saja.
LAN juga termasuk dalam jaringan bertipe peer-to-peer . Selain memiliki kelebihan berupa biaya yang relatif murah, jaringan ini juga memiliki kelebihan lain seperti tidak memerlukan perangkat lunak administrasi jaringan khusus dan tidak memerlukan administrator.
Namun, jaringan peer-to-peer juga memiliki kekurangan, seperti area jaringan yang relatif kecil, jaringan tidak aman, keamanan jaringan tergolong rendah, dan tidak dapat diimplementasikan dalam subnet IP tunggal.

Jaringan LAN juga mengalami perkembangan hingga kini. Jika teknologi LAN sebelumnya memerlukan kabel sebagai syarat wajib, kini LAN juga dapat dipasang dengan metode nirkabel .
Kombinasi teknologi jaringan LAN dan Wi-Fi ini dikenal dengan Wireless Local Area Network atau WLAN.

Editor by : AMS Star

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?