ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ini dapat didefinisikan sebagai program yang digunakan oleh perusahaan, untuk melakukan perencanaan bisnis mulai dari produksi sampai pengelolaan keuangan. Bagaimana perkembangan software ERP di Indonesia hingga banyak digunakan seperti sekarang ? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sejarah Singkat Software ERP

1.    Tahun 1960-an

Mengulik perkembangan ERP di Indonesia, tentu tidak bisa dipisahkan dari sejarah pengembangannya di dunia. Bermula dari tahun 1960-an, konsep ERP sudah mulai digunakan pada tahun ini untuk menangani berbagai masalah industri. Meski masalah yang ditangani masih sangat sederhana, namun ERP cukup membantu untuk melakukan monitoring inventaris.

Bahkan, program ERP sudah mulai menggunakan sistem sentralisasi komputer di tahun ini. Dengan kata lain, data yang diolah menggunakan perangkat lunak tersebut dapat disimpan pada satu komputer sentral atau big data. Yang mana data ini kemudian dapat diakses melalui komputer lain dengan mengandalkan jaringan lokal.

2.    Tahun 1970-an

Perkembangan software ERP di Indonesia memang belum meluas pada tahun ini. Namun konsep awal ERP dibuat menjadi lebih kompleks di tahun 1970-an, dan menjadi cikal bakal dari sistem ERP yang banyak digunakan saat ini. Kala itu, konsep ERP yang lebih kompleks ini disebut dengan nama MRP (manufacturing resource planning) dan bisa membantu manufaktur yang lebih sulit.

3.    Tahun 1980-1990

MRP yang dinilai sangat membantu dalam bisnis mengalami peningkatan versi menjadi MRP II, yang mana sistem sudah mulai mampu menangani penjadwalan proses produksi. Melihat hal ini, Gartner Group di tahun 1990 membuat MRP menjadi semakin lengkap. Mereka kemudian menjadi yang pertama menyebut sistem ini dengan nama ERP.

4.    Tahun 2000-an

Memasuki era tahun 2000-an, internet sudah mulai berkembang cukup pesat sehingga membuat penggunaan ERP pun semakin luas. Bahkan penggunaan ERP di masa ini sudah mulai melampaui batas ruang dan jarak. Sehingga karyawan yang bekerja pada bagian gudang pun dapat mengakses informasi yang ada melalui program ERP ini.

Perkembangan ERP di Indonesia

Perkembangan software ERP di Indonesia sudah mulai terjadi pada tahun 1990-an, ketika Gartner Group memperkenalkan nama ERP ke seluruh dunia. Di Indonesia, sejarahnya sendiri memiliki kaitan erat dengan PT. Astra International. Karena perusahaan ini menjadi salah satu yang menerapkannya, dengan menggunakan SAP sebagai vendor.

ERP di Indonesia pun berkembang semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi sejak saat itu. Terlebih di era 2000-an ketika internet sudah mulai berkembang ke seluruh dunia, implementasi sistem ERP yang digunakan yaitu stable operation. Lalu pada tahun 2005, mulai dibentuk audit firm, konsultan upgrading, dan security firm pada sistem untuk mengatasi kekurangan sebelumnya.

Untuk perkembangan sistem ERP modern, maka tahun 2010 bisa disebut sebagai titik awalnya. Karena pada sekitar tahun ini, banyak perusahaan mulai mengadopsi teknologi anyar yang lebih stabil. Dimana perkembangan software ERP di Indonesia tersebut bisa dilihat dari kemudahan penggunaannya, hingga hasil yang efektif sudah mampu dicapai.

Dewasa ini, sistem ERP pun menjadi salah satu perangkat lunak yang sangat penting bagi perusahaan, baik itu perusahaan kecil seperti UMKM maupun perusahaan skala besar. Sebab sistem ERP bisa membantu melancarkan aktivitas bisnis, mengurangi biaya operasional, memaksimalkan jumlah penjualan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, saat ini sudah tersedia cukup banyak penyedia software ERP untuk kebutuhan bisnis anda. Salah satunya yaitu Soltius Indonesia, yang menyediakan ERP untuk small medium enterprise (UMKM dengan product SAP BUSINESS ONE dan ERP untuk kelas Enterprise dengan product SAP S/4HANA). Bahkan software ERP Indonesia Soltius juga mengambil peran yang tidak sedikit, dalam perkembangan sistem ini di dalam negeri.

JMC ikut serta membangun Indonesia melalui teknologi sejak 2008. Pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan The Reliable Consultant In Service Excellence. Dengan penghargaan ini, JMC semakin terpacu untuk memberi pelayanan terbaik dan terus berinovasi untuk menghasilkan teknologi tepat guna bagi seluruh konsumen di Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, JMC telah menangani lebih dari 500 pengembangan IT di Indonesia. Layanan yang dimiliki oleh JMC pun sangat lengkap, seperti Mobile AppsSistem InformasiE-GovWebsiteGIS, dan Integrasi Sistem. Berikut adalah contoh-contoh hasil dari layanan kami:

  • Aplikasi e-Lapor bertujuan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini berhasil mendampingi DISKOMINFO D.I. Yogyakarta mendapat anugerah Penghargaan Tingkat Nasional oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
  • Aplikasi General Management & Financial System. Sistem Informasi TIFA merupakan Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Didalamnya terdapat aplikasi keuangan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengelolaan dan evaluasi program kerja yang saling terhubung.
  • Website Laboratorium Terpadu Universitas Islam Indonesia mengembangkan website laboratorium terpadu. Dengan website ini, informasi yang berkaitan dengan laboratorium UII dan pelayanan terkait dapat diakses kapan saja.
  • Command Center DIY, memungkinkan gubernur dan pejabat daerah bisa memantau data pemerintahan secara real time. Setiap sudut kota dapat dimonitor dari sebuah tempat. Sistem integrasi ini menghubungkan banyak aplikasi yang selanjutnya ditampilkan dalam giant screen untuk proses monitoring.
https://www.jmc.co.id/blog/wp-content/uploads/2021/10/Frame-72.png

editor : azz


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?