Pengertian Router Board

Router board Ketika membahas tentang mikrotik, tentu kita tidak bisa mengesampingkan routerboard. Istilah ini juga populer dan pastinya mereka yang sudah lama mengenal mikrotik sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Routerboard merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang di buat oleh Mikrotik. Perangkat ini bekerja dengan menggunakan sistem operasi berupa RouterOS

Contoh gambar

Jika Anda perhatikan, routerboard merupakan sebuah perangkat yang memang sekilas hampir sama dengan komputer atau laptop. Hal ini karena perangkat tersebut mempunyai prosesor, RAM, ROM, dan bahkan Memory Flash. Namun yang menjadi pembeda memang sistem operasi yang di gunakan di mana routerboard menggunakan sistem operasi khusus yang memang untuk perangkat jaringan internet yaitu RouterOS.Routerboard memiliki beberapa tipe arsitektur, jenis, model, interface, dan lain-lain. Perbedaan ini memberikan kemudahan bagi kita karena kita tinggal memilih mana perangkat yang sesuai dengan kebutuhan jaringan kita.Selain itu, terdapat beberapa seri dari routerboard yang berguna sebagai wifi, bridge, wifi client, access point, mislanya RB433, RB411, RB600. Mayoritas ISP wireless memakai routerboard di dalam menjalankan fungsi wirelessnya agar berjalan dengan baik.

Dengan adanya routerboard, Anda juga bisa lebih mudah di dalam menjalankan fungsi router tanpa perlu lagi bergantung pada PC. Hal ini karena seluruh fungsi yan terdapat di dalam router tersebut sudah ada di dalam routerboard.Di bandingkan dengan komputer yang di instal RouterOS, routerboard memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, routerboard juga lebih compact dan tidak memerlukan konsumsi listrik yang besar karena Anda hanya perlu mencolokkan adaptor.

Berbeda dengan Mikrotik RouterOS yang merupakan suatu sistem operasi perangkat lunak, RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan yang di dalamnya di instal sistem operasi mikrotik RouterOS yang fungsinya sebagai bandwidth management,

DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan. RouterBoard ini berukuran sangat kecil dan praktis dan  terdiri atas processor, RAM, ROM dan memory flash. Dengan menggunakan ini, bisa menjalankan fungsi router tanpa tergantung pada PC karena fungsi router sudah tertanam di dalamnya. Kelebihan dari RouterBoard antara lain:

  1. Hemat biaya karena daya yang di butuhkan sekitar 2.5 watt saja.
  2. Instalasinya yang mudah, hanya mengatur router dan jaringan yang di gunakan.
  3. Spesifikasi komputer yang di butuhkan tidak terlalu tinggi.
Kategori: Mikrotik

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?