Random access memory (RAM) adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara yang cepat mengakses data yang dibutuhkan. RAM memengaruhi kecepatan sistem Anda dalam menjalankan berbagai macam program. Untuk mengimbangi program atau software yang makin berkembang, kualitas RAM pun harus selalu di-upgrade.

PERBEDAAN RAM DDR4 DAN DDR3

            Secara umum, perbedaan RAM versi DDR4 dan DDR3 terletak pada kualitasnya. DDR4 memiliki kualitas yang telah di-upgrade dari versi DDR3. Hal ini terbukti pada kelebihan performa DDR4 sebagai berikut.

  • Kapasitasnya lebih besar. DDR4 memiliki kapasitas 4 hingga 16 GB per keping, berbeda dengan DDR3 yang berkapasitas 512 MB hingga 8 GB per keping.
  • Kemampuan proses data lebih cepat. DDR4 dapat memproses data dari 2133 hingga 4800 MHz. Hal ini jauh lebih cepat dari versi sebelumnya yang hanya mampu memproses data dengan kecepatan maksimal 2133 MHz.
  • Daya listrik lebih rendah. DDR3 memiliki tegangan listrik antara 1,35 hingga 1,5 volt. Poin ini di-upgrade oleh DDR4 sehingga tegangannya menjadi rata rata 1,2 volt. Dengan demikian, daya listrik yang dikonsumsi pun makin rendah.

Lalu, bagaimana soal harga? Menilai kualitas yang ditawarkan, wajar bila DDR4 memiliki harga yang lebih tinggi daripada DDR3. Namun, biaya tersebut sangat layak mengingat motherboard PC dan laptop canggih juga umumnya kompatibel dengan DDR4 RAM. Karena itu, tak ada salahnya merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk membeli DDR4 yang canggih

CARA MEMILIH RAM DDR4

            Setelah Anda memahami kualitas DDR4, kini kami akan memberi penjelasan cara memilih RAM DDR4 yang cocok untuk Anda. Simak dan catat poin-poinnya, ya!

PILIH RAM SESUAI JENIS KOMPUTER ANDA

            RAM merupakan perangkat yang akan Anda pasang pada motherboard. Nah, PC desktop dan laptop memiliki tipe motherboard yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada jumlah pin yang disediakan oleh motherboard. Untuk itu, Anda harus memilh jenis RAM yang tepat, seperti berikut ini.

  • RAM SO-DIMM: RAM small outline dual inline memory module DDR4 memiliki pin berjumlah 260. RAM ukuran ini umumnya digunakan pada laptop ataupun notebook
  • RAM DIMM: RAM dual inline memory module DDR4 memiliki jumlah pin 288 buah yang biasa digunakan pada PC desktop.

            Perbedaan jumlah pin ini juga berarti RAM SO-DIMM tidak dapat dipasang pada motherboard yang support untuk RAM DIMM, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, telitilah kembali jenis RAM Anda berdasarkan perangkat yang Anda gunakan.

Editor : hidzba


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?