Perkembangan Terbaru Mengenai Hardware

->Intel Rocket Lake

Pada tahun 2021 ini, Intel merilis “core” CPU terbaru yang bernama Rocket Lake. Dalam CPU Core ini terdapat arsitektur Cypress Cove dengan teknologi fabrikasi 14nm. Saat ini Intel memasarkan produk tersebut dengan sebutan “Intel Core generasi ke 11”.

Fitur terbaru dari CPU Intel ini adalah

– sudah menggunakan chipset Intel seri 500

– sudah mendukung RAM DDR4-3200

– sudah mendukung PCI Express 4.0 sampai 20 lane

– sudah disertai GPU baru Intel Xe, yang mampu mencapai resolusi 8k.

->Intel Alder Lake

Intel juga merilis core dengan sebutan kode ALder Lake. Intel core ini menggunakan teknologi menufaktur 10nm untuk varian produk CPU desktop dan dapat menampung lebih banyak transistor.

Intel Alder Lake ini menggunakan basis dua arsitektur yaitu Gracemont dan Golden Cove. Arsitektur Gracemont akan membuat konsumsi daya menjadi lebih hemat dan Arsitektur Golden Cove akan membuat kinerja core menjadi lebih tinggi.

Fitur yang didukung dari Intel Alder Lake ini diantaranya

– sudah menggunakan GPU Intel Xe

– sudah menggunakan PCI Express 4.0

– sudah menggunakan soket baru LGA 1700

– sudah menggunakan DMI 4.0 dengan chipset seri 600

– sudah mendukung PCI Express 5.0 dan RAM DDR5

– Sebagai Intel Core generasi ke 12.

->PCI Express 6.0

Standar bus komputer yang paling banyak digunakan adalah PCI Express atau penggunaan kartu grafis (VGA Card) Kartu grafis modern PCI Express ini mampu menghasilkan kinerja yang luar biasa.

PCI-SIG kembali akan menghadirkan versi terbarunya yaitu PCI Express 6.0 di tahun 2021 ini yang mampu mendapatkan bandwidth hingga 126 GB/detik pada konfigurasi 16 lane. Fitur terbaru dari PCI Express 6.0 ini yaitu modulasi 4 level untuk peningkatan transfer data untuk meningkatkan integritas data.

->Hardisk

Produsen harddisk seperti Toshiba, Seagate dan WD mulai menampilkan teknologi harddisk baru seperti EAMR dari WD, dan HAMR dari Seagate. Tetapi jumlah produksi yang dikirim masih sedikit.

Tapi bulan Oktober 2020 mungkin berubah. Ada tanda harddisk dengan 10 plat disk akan hadir lebih cepat.

Dengan 10 disk, CMR sistem harddisk mungkin dapat mencapai 20TB.

Seagate menggunakan piring kaca yang lebih tipis dari aluminium. Teori dapat menampung lebih banyak ruang disk di dalam unit harddisk.

Drive 12 disk dengan satu plat menampung 2TB, total kapasitas harddisk dapat mencapai 24TB dan mungkin tahun 2022 akan tersedia.

Pesaingnya dari SSD. Kedepan teknologi QLC akan diganti dengan PLC atau Penta Level Cell 5-bit Nand. Meskipun SSD PLC memiliki kinerja dan daya tahan lebih rendah dari QLC.

Ada konsep teknologi Zoned Name Space SSD, untuk menghindari dampak penulisan ulang chip area dan berdampak pada kinerja SSD lebih lama.

Editor: HPhyton

Kategori: Hardware

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?