Zaman yang semakin modern diketahui bahwa komputer tidak selalu bekerja secara normal seperti biasanya. Terkadang mengalami eror atau kesalahan secara tiba – tiba. Nah itu semua disebabkan karena ada perangkat lunak asing yang masuk. Jika perangkat lunak tersebut sudah masuk, maka kemampuan yang dimiliki tidak selalu bersahabat dengan komputer. Bahkan justru hanya akan merusak komponen didalamnya atau alur teknis komputer didalamnya tidak berjalan secara normal. Perangkat lunak tersebut dinamakan sebagai virus. Virus tersebut memiliki kategori yang berbeda. Sehingga fungsi yang dimiliki juga berbeda. Jadi jika komputermu rusak, maka pengguna bisa paham kerusakan tersebut disebabkan oleh apa. Berikut adalah jenis virus yang harus diketahui :

1. Malware

Malware atau Malicious software adalah salah satu jenis software atau kode yang diciptakan seseorang untuk mengubah data, seperti menghapus, menyembunyikan sekaligus mencuri hingga menghabiskan bandwith tanpa seijin pemilik komputer. Oleh karena itu, melalui jenis virus ini maka akan terjadi pencurian data pribadi tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Sehingga, hal tersebut hanya akan merugikan orang lain.

2. Virus

Virus komputer adalah sejenis malware yang menginfeksi komputer. Hal tersebut ilakukan dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan virus tersebut sebagai activator. Kemampuan virus yang tidak dapat secara otomatis mengaktifkan dan melakukan infeksi komputer, melainkan harus dilakukan tindakan dari pihak ketiga yakni pengguna komputer. Mekanisme dari virus komputer dibuat selayaknya program yang digunakan oleh pengguna. Oleh karena itu, tampilan virus yang menyerupai program yang sering dipakai, maka pengguna bisa mengaktifkan virus tersebut. Program komputer yang sering ditiru virus adalah program jpg, doc atau folder. Pada dasarnya tampilan virus dibuat sesuai dengan tampilan gambar atau icon yang sering digunakan oleh pengguna.

3. Worm

Worm adalah salah satu jenis malware yang bisa melakukan pengaktifan diri tanpa bantuan dari pihak ke tiga. Jika worm sudah masuk kedalam perangkat komputer, maka virus ini kan melakukan pemindahan ke komputer lain dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dilakukan pencegahan. Worm ini memiliki kemampuan untuk melekat pada kompouter, sehingga mudah berpindah antar komputer dalam sebuah jaringan yang sama, sekaligus tanpa bisa dicegah penggun a komputer itu sendiri. Perlu diingat, bahwa worm hanya mampu melakukan infeksi sebuah komputer jika menemukan celah kamanan software didalam komputer, misalnya windows office hingga adobe. Sehingga, untuk mecegam worm, maka sebuah sistem komputer jika celah keamanan dalam jaringan komputer sudah ditutup.

4. Spyware

Spyware atau spy dan software adalah sebuah program komputer yang dibuat untuk mematai komputer seseorang dan penggunaannya dalam melakukan tampilan iklan sesuai minat user. Jadi, pada dasarnya jenis virus ini digunakan untuk mematai profil pribadi untuk disebar luaskan atau disalah gunakan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab.

5. Trojan

Trojan adalah program untuk dibuat seperti program yang berguna pada pengguna komputer, yakni crack, game atau program lain. Jika sudah diinstal kedalam komputer akan melakukan mata – mata, mencuri semua data penting dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang sudah ditentukan sebelumnya, tanpa diketahui. Jadi, trojan akan aktif saat pengguna mengunduh tautan dan diaktifkan didalam komputer, sehingga mampu secara otomatis mematai, mencuri serta mengirimkannya ke alamat yang ditentukan pembuat malware. Sehingga peristiwa tersebut dinyatakan illegal atau tanpa sepengetahuan pemilik komputer.

Nah, dari beberapa jenis virus tersebut diketahui bahwa kemampuan yang dimiliki berbeda dan merugikan pemilik komputer. Fungsi yang dimiliki berbeda sesuai dengan jenis virus yang dimiliki. Oleh karena itu, sebagai pengguna komputer, Anda harus lebih berhati – hati agar data yang sudah tersempan tidak hilang atau tercuri oleh heacker atau penyusup.

Editor: HPhyton


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?