Sumber : https://www.mapel.id/repeater/

Perangkat jaringan ada banyak sekali tapi yang kita bahas kali ini adalah Repeater, Bridge, Network Interface Card (NIC).

  1. Repeater
    Repeater adalah perangkat yang memperkuat sinyal yang dikirim sehingga dapat ditransmisikan ke komputer lain dalam jarak jauh. Contoh yang sering terjadi di lingkungan sekitar adalah jaringan WiFi di rumah atau di kantor yang sulit terhubung. Keberadaan repeater ini bisa menjadi solusi jangkauan wifi yang lebih luas. Singkatnya, repeater juga dapat dipahami sebagai penguat sinyal seluler.
    Pengoperasian repeater ini adalah menerima sinyal dan kemudian mentransmisikan kembali sinyal yang sudah ada yang identik dengan sinyal aslinya. Selain itu, repeater sering digunakan dalam struktur topologi bus. Karena kelebihannya dapat meningkatkan kisaran WiFi, repeater juga disebut WiFi Extender. Repeater memiliki banyak fungsi seperti memperluas jangkauan internet, mengoptimalkan sinyal wifi, mempercepat pengiriman serta penerimaan data, mengurangi penggunaan kabel jaringan, menjadi alternatif router yang rusak.
  2. Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang memperluas jaringan dan menciptakan segmen jaringan. Bridge akan memetakan alamat Ethernet dari setiap titik pada setiap segmen array. Bridge kemudian akan memilih dan mengizinkan hanya data tertentu yang akan ditransfer. Operasi bridge adalah mengenali alamat MAC yang melewati informasi ke jaringan, kemudian bridge secara otomatis akan membuat tabel internal, di mana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang harus diteruskan atau segmen mana yang harus difilter.

  1. Network Interface Card (NIC)

NIC adalah singkatan dari Network Interface Card atau yang biasa disebut dengan kartu jaringan. NIC adalah kartu yang digunakan sebagai jembatan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Perangkat keras NIC itu sendiri terhubung langsung ke motherboard. Ini adalah beberapa fungsi kartu jaringan.
a). Transmisi data
b). Kontrol aliran data
c). Data diterima
Beberapa fungsi kartu jaringan yang dijelaskan di atas menggambarkan pentingnya memiliki kartu jaringan. Mulai dari pengiriman data, pengontrolan aliran data dan penerimaan data. Keberadaan kartu jaringan untuk memperlancar aliran data. Meski begitu, kecepatan data masih dipengaruhi oleh sejumlah faktor lain.
Editor : DPA

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?