Sejarah jaringan komputer

Sejarah jaringan komputer pertama kali di mulai dari munculnya ide atau gagasan untuk menggunakan satu komputer secara bersama – sama. Proyek ini di jalankan oleh sekelompok periset dari Universitas Havard di Laboratorium Bell yang di kepalai oleh Howard Aiken.

Pada tahun 1950, saat super komputer berhasil di ciptakan, saat itulah sistem TSS (Time Sharing System) juga di temukan. Momen ini merupakan salah satu sejarah penting di mana, pertama kali di aplikasikan.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1982 Transmission Control Protocol (TCP) berhasil di temukan. Kemudian, pada tahun 1984 Domain Name System (DNS) juga telah di temukan. Dan momen paling bersejarah lahir pada tahun 1990, di mana Tim Berners Lee mencetuskan program World Wide Web (WWW). Dan untuk tahun – tahun berikutnya, dan mengalami perkembangan yang sangat pesat.

  • Server

Server berperan sebagai media penyimpanan data dan mengelola. Pada umumnya, server memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi di bandingkan komputer client.

  • Kabel Jaringan

Untuk menghubungkan client dengan server atau perangkat lainnya, di perlukan adanya kabel . Ada berbagai jenis kabel dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti coaxial, fiber optic, dan twister pair.

  • Hub dan Switch

Hub dan switch adalah dua perangkat berbeda yang memiliki saru kegunaan yang sama ; menghubungkan beberapa komputer ke dalam satu.

  • Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card seringkali di sebut sebagai LAN Card, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan. Sebagian besar komputer modern saat ini sudah memiliki NIC secara built-in.

  • Router

Router adalah perangkat jaringan yang berperan untuk menghubungkan jaringan kabel (LAN) dengan jaringan nirkabel (WAN) dan mengelola lalu lintas data dalam jaringan tersebut.

  • Modem

Modem adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan penyedia layanan internet (ISP)

  • Repeater

Repeater adalah perangkat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal dalam sebuah nirkabel.

  • Wireless Card

Wireless Card adalah sebuah perangkat untuk menangkan sinyal dan menghubungkan sebuah perangkat ke jaringan nirkabel.

Editor: Zahra Nisa

Terimakasih sudah mengunjungi website saya >.<


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?