www.liputan6.com

Pengertian Worm Komputer

Menurut Wikipedia Worm Komputer/cacing komputer adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sedangkan secara umum worm komputer adalah program yang berukuran kecil yang dapat berjalan pada sebuah sistem operasi komputer ataupun sistem jaringan komputer, worm komputer memiliki kemampuan untuk mengembangbiakkan dirinya sendiri pada kedua sistem tersebut.

Worm komputer bisa menggandakan diri dengan memanfaatkan jaringan LAN/WAN/Internet tanpa campur tangan dari user atau pengguna komputer itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer yang pada umumnya, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer. Worm komputer adalah evolusi dari virus komputer.

Cara Kerja Worm Komputer

Worm komputer berbeda dengan virus komputer. Program worm tidak mempunyai kemampuan merusak sistem, data atau file sistem. Worm berperilaku sebagai parasit yang tidak langsung merusak sistem komputer. Worm bekerja dengan memanfaatkan celah keamanan yang terbuka dari suatu komputer atau sistem jaringan komputer atau disebut vulnerability. Beberapa jenis worm komputer bisa menghabiskan bandwith yang ada pada sistem jaringan.

Jika virus butuh campur tangan user untuk menyebar pada sebuah sistem dengan cara menjalankan program atau aplikasi yang sudah terinfeksi/terjangkiti virus, maka worm tidak butuh campur tangan user. Worm hanya memanfaatkan jaringan komputer untuk menyusup ke komputer lain yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Jika virus dapat menginfeksi berkas atau file-file dalam sebuah sistem komputer, maka worm dapat melakukan itu dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang sudah terinfeksi. Beberapa worm juga bisa mencakup kode-kode virus yang bisa saja merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail atau melakukan yang lain yang sifatnya merusak

Efek Yang Ditimbulkan Worm Komputer

Ketika sebuah sistem komputer atau sistem jaringa komputer terinfeksi worm komputer, maka komputer terasa lambat karena seolah komputer sedang melakukan aktivitas berat. Dan jika sebuah sistem jaringan komputer yang disusupi, maka akan terasa lambat konektivitas jaringannya karena worm bekerja memenuhi akses jaringan tersebut.

Lakukan ini Agar Terhindar dari Virus dan Worm:

  1. Gawai atau perangkat komputer Anda wajib memiliki program antivirus. Beberapa program tersedia secara gratis dan dapat diunduh dengan aman. Pastikan program antivirus yang akan diunduh telah di-update dan dapat menjalankan sistem pindai (scan) dengan penuh. Jika gawai atau komputer Anda terindikasi virus atau worm, antivirus dapat segera mengenali dan menghapusnya dari sistem.
  2. Setelah mengunduh antivirus, Anda tidak boleh merasa cukup karena telah berhasil menghapus virus lama, karena penting juga untuk mencegah virus baru datang kembali. Buka pengaturan dalam program antivirus Anda, dan pastikan semua perlindungan keamanan yang tersedia dalam versi gratis telah diaktifkan.
  3. Worm bekerja melalui port yang terbuka lalu menginfeksi komputer Anda. Jalankan pemindaian portal pada komputer untuk mengidentifikasi portal yang terbuka. Program seperti DNSTools menawarkan pemindaian online yang dapat diakses untuk memeriksa port yang terbuka. Tutup port yang terbuka untuk menghindari infeksi worm ke program-program komputer Anda.
  4. Langkah-langkah menutup port-port individu yang tersebar secara acak di komputer:
    1. Pilih menu Start, ketik Windows Firewall dan pilih Windows Defender Firewall,
    2. Pilih Advanced Settings di bagian kiri, lalu klik Advanced Security Window,
    3. Pada menu Rule Wizard, pilih Port dan ketik nomor Port di bidang Specific Local Ports,
    4. Pilih Next, kemudian klik Block the Connection. Lengkapi Wizard untuk menutup Port terbuka tersebut.

Berikut Contoh Worm Komputer

  • ADMworm
    Adalah jenis worm komputer bisa melakukan eksplotitasi terhadap layanan jaringan BIND (Berkeley Internet Name Domain) yaitu dengan melakukan buffer-overflow
  • Code Red
    Code Red adalah jenis worm komputer yang bisa melakukan eksploitasi layanan IIS (Internet Information Services) versi 4 dan versi 5 dengan cara yang sama yaitu buffer-overflow
  • LoveLetter
    LoveLetter adalah jenis worm komputer yang penyebarannya dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun e-mail yang terdaftar dalam buku alamat (addres book) Microsoft Outlook Express/daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan menggunakan kode VBScript (Visual Basic Script)
  • Nimda
  • SQL-Slammer

Editor by:Humam Husaini


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?