PENGERTIAN SQL

Pengertian SQL SQL merupakan akronim dari Structured Query Language, yang berguna sebagai bahasa khusus dalam mengakses hingga mengelola data-data yang ada di dalam sebuah basis data relasional. Saat pengaksesan atau pengelolaan data menggunakan perintah-perintah khusus sehingga data bisa di manipulasi atau di kelola dengan baik.

PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS PADA SQL
Fungsi SQ
1. Mengeksekusi query
Fungsi pertama SQL adalah mengeksekusi query. Query merupakan suatu perintah untuk mengakses data pada sistem database dalam format tertentu. Fungsi ini bertujuan memberikan perintah secara langsung kepada sistem sehingga dapat mengelola data.
Misalnya, jika ingin memberikan akses user maka bisa menggunakan Grant. Eksekusi kueri lainnya yaitu seperti trigger, alter dan sebagainya.
2. Mengatur hak akses user
Fungsi berikutnya SQL adalah dalam mengelola data, tentunya tidak semua akses dapat diberikan ke pengguna. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kerahasiaan suatu data.
3. Mengakses dan memanipulasi database
Fungsi utama dari SQL adalah mengakses data dengan query yang sudah di tetapkan. Selain itu, SQL dapat mengubah data dengan membuat, mengupdate, menghapus, menambahkan basis data, tabel, prosedur dan lainnya.
Perintah dasar SQL
Dalam mengolah database terdapat tiga jenis bahasa server SQL, yaitu Data Control Language (DCL), Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Bahasa ini merupakan perintah dasar atau paling umum digunakan dalam DBMS yang telah di standarisasi ANSI. Berikut penjelasannya.
1. Data Control Language (DCL)
Sesuai namanya, perintah dasar DCL berfungsi untuk mengatur hak akses apa saja dari setiap pengguna, seperti database, tabel maupun field di dalamnya. dengan adanya pengaturan ini, akses pengguna dapat di batasi sehingga admin bisa menjaga keamanan database.
2. Data Definition Language (DDL)
DDL merupakan perintah dasar yang bertujuan untuk membuat serta mendefinisikan struktur database.
3. Data Manipulation Language (DML)
Perintah dasar satu ini di gunakan untuk mengolah data dan memanipulasi data dalam suatu tabel database.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?