https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwinanurani.blog.institutpendidikan.ac.id%2Fpengertian-dan-sejarah-sistem-operasi%2F&psig=AOvVaw3EPXQHmImlkgIRcRt7a2oC&ust=1650185735397000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjRxqFwoTCOj3_YqbmPcCFQAAAAAdAAAAABAD

SETIAP komputer memerlukan sistem operasi agar bisa dijalankan dan digunakan. Dalam hal ini, sistem operasi atau Operating System (OS) pada komputer bertugas melakukan kontrol dan manajemen pada operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum terbagi menjadi 3 kelompok : 1. Sistem Microsoft Windows  Antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)). 2. Sistem Unix  Yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.) MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. 3. Sistem Mac OS  Ini adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.15 (Catalina). Fungsi OS mengutip dari buku Cara mudah Desain Sistem Operasi Linux Ubuntu, 16.04 LTS Edition dalam 5 Jam (2021), fungsi utama dari sistem operasi ialah mengelola sumber daya yang ada pada komputer. 

1. Memory Management Manajemen memori terbagi menjadi dua fokus utama, yaitu primary memory dan main memory. Dimana primary memory merupakan kebutuhan penyimpanan yang diutamakan seperti RAM. Main memory merupakan penyimpanan yang dapat diakses langsung melalui CPU. 2. Device Management Sistem operasi juga mempunyai fungsi untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui setiap driver. Untuk program yang berperan untuk menangani hal tersebut adalah I/O Controller. 3. File Management Fungsi yang ketiga, OS juga dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi pada dokumen, mulai dari tahap awal hingga akhir yang mengatur kebutuhan detail setiap informasi. Kemudian, mengelola lokasi, fungsionalitas sistem, dan fitur yang lainnya. Fase pengaturan tersebut disebut dengan file system yang biasanya dimasukkan ke dalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunaannya. 4. Processor Management Fungsi dari sistem operasi yang terakhir adalah mendukung proses multiprogramming untuk menentukan fase mana yang menggunakan prosesor dalam jangka waktu tertentu. (OL-1)

Editor:Jauza

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?