https://3.bp.blogspot.com/-cfR7CULXGlw/WCvrk-ITgFI/AAAAAAAAAGw/50yoj3EunDYRlLcDbntADwVCrD1USHw2ACLcB/s1600/cgh.jpg

Pengertian Sistem Keamanan Jaringan 

Sistem keamanan jaringan merupakan sebuah sistem yang bertanggung jawab atas pencegahan sekaligus mengidentifikasi sesuatu yang tidak sah atau mencurigakan di dalam jaringan sebuah komputer pengguna.Dengan adanya sistem keamanan jaringan,segala tindakan negatif para penyusup yang ingin mengakses komputer melalui sistem jaringan dapat dihentikan atau dicegah. 

Tujuan dari adanya sistem keamanan jaringan yakni sebagai upaya dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan sistem pada jaringan komputer baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Jenis Ancaman Keamanan Jaringan 

Berikut ini 4 jenis ancaman keamanan jaringan yang sering kali dijumpai pada cyber security : 

Fabrication 

Ancaman jenis ini merupakan masalah sistem keamanan jaringan yang terjadi ketika oknum penyerang atau penyusup berhasilkan menyisipkan sebuah objek palsu atau tipuan di dalam sistem yang ditargetkan menjadi sasaran. 

Interception 

Ancaman ini merupakan ancaman pada keamanan jaringan yang terjadi ketika terdapat pihak yang berhasil mengakses sebuah informasi dan data-data yang ada pada suatu komputer tanpa adanya hak dan wewenang secara sah untuk mengaksesnya. 

Intteruption 

Ancaman selanjutnya yakni merupakan jenis ancaman yang terjadi ketika penyerang atau penyusup telah memiliki akses pada sebuah sistem namun belum secara keseluruhan dan administrator atau pengguna masih dapat login atau masuk ke sistem tersebut. 

Modification 

Ancaman yang terakhir yakni merupakan ancaman yang terjadi ketika penyerang atau penyusup berhasil merusak sistem jaringan dan melakukan perubahan terhadap keseluruhan sebuah sistem jaringan.Ancaman jenis ini dianggap sebagai ancaman keamanan jaringan yang paling fatal. 

Editor: Kapersa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?