Ketika kita mengoperasi perangkat komputer, device yang satu ini tidak pernah absen karena merupakan bagian penting untuk menunjang pengoperasian kompuKter secara keseluruhan.

Ya. Perangkat ini adalah mouse. Mouse ini sangat berguna ketika kita mengoperasikan komputer kita karena fungsi utama mouse yang merupakan alat penunjuk (pointing device).

Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.

Sejarah Mouse

Mouse sendiri telah melalui perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu dari segi bentuknya, device ini memilki bentuk yang monoton. Namun kini jika kita berburu di toko komputer baik online maupun di toko komputer, kita akan menjumpai banyak sekali variasi bentuk mouse.

Sekitar 10 tahun lalu bentuk mouse ini masih standar. Masih sangat jarang sekali kita temui mouse gaming saat itu. Akan tetapi kini mouse standar pun banyak yang memiliki bentuk layaknya mouse gaming.

Selain perkembangan dari segi bentuknya, mouse tentunya juga mengalami perkembangan dari segi teknologi maupun kegunaannya. Dari segi teknologi mouse yang dulunya menggunakan sensor mekanik, mechanical mouse, kini telah berkembang ke model optical mouse. Ini merupakan perkembangan yang sangat pesat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?