Motherboard adalah salah satu komponen komputer yang memiliki peranan yang sangat vital dalam mendukung kinerja dari sebuah komputer. Dalam Bahasa Indonesia bagian ini sering diterjemahkan sebagai ‘Papan Induk’. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit kotak yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya sebagai pusat komputer.

Memiliki motherboard yang berkualitas, tentunya kinerja PC pun akan berkualitas pula. Hal ini karena perangkat lain yang menempel di motherboard seperti prosesor, RAM, sampai kartu grafis (VGA/GPU) bisa bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, simak deretan 12 rekomendasi motherboard terbaik di bawah ini yang bisa untuk gaming, bekerja, sampai mining kripto.

Rekomendasi Motherboard Terbaik

1.Digital Alliance H61

Meski sudah berusia cukup lawas, motherboard H61 dari Digital Alliance masih mumpuni untuk zaman sekarang. Khusus untuk prosesor Intel, mulai dari generasi kedua hingga ketujuh kompatibel di motherboard ini. Slot RAM ada dua, meskipun masih DDR setidaknya sudah mendukung performa dual channel yang kencang multitasking. Ada juga PCIe slot untuk grafis diskrit sebagai tambahan daya pengolahan grafis. Prosesor Intel yang dapat digunakan juga beragam, bisa Core i3, Core i5, sampai Core i7.

2. Digital Alliance B250MA

Mungkin banyak yang tidak tahu, perusahaan manufaktur perangkat keras komputer satu ini adalah merk asli Indonesia. Walaupun produsen lokal, tetapi kualitas produk yang dihasilkannya tak kalah dengan merk-merk ternama lainnya. Buktinya, produk-produk dari Digital Alliance ini kerap banyak diburu oleh para pengguna komputer berkat kualitasnya yang bagus. 

Produk ini merupakan motherboard yang dirancang dengan menggunakan material berkualitas, termasuk adanya kapasitor yang solid dan memiliki daya tahan tinggi, untuk menghasilkan performa yang stabil. Digital Alliance merancangnya dengan ukuran mini untuk casing kecil, alias hadir dalam wujud form factor micro ATX. Walaupun begitu, B250MA sudah mendukung prosesor i3, i5, bahkan hingga i7 dan juga prosesor multi core 32 nm Intel. 

3. GALAX Z390 GAMER LGA1151V2 RGB Z390

Kamu bisa memilih motherboard GALAX Z390 GAMER LGA1151V2 RGB Z390 untuk bermain game. Tercermin dari namanya, motherboard ini memang diluncurkan untuk menyasar kaum gamers yang menginginkan sensasi bermain game yang lebih baik lagi karena sangat mumpuni untuk segala resolusi gaming.

Motherboard ini didesain untuk dapat mendukung prosesor Intel Core Celeron, Intel Pentium, hingga Intel Core i3, i5, dan i7 bahkan sampai generasi ke 8 dan 9. Walaupun dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, tetapi hal itu berbanding lurus dengan performanya yang benar-benar membius. Motherboard ini menggunakan soket 1151 dan chipset Z390 untuk mendukung performanya.

Kategori: Hardware

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?