Apa itu virus?

Virus Komputer merupakan suatu program atau aplikasi yang dapat memperbanyak, dan menyebar dengan sendirinya, dan menyebabkan efek negatif pada komputer yang terjangkit. Biasanya virus masuk kedalam komputer dengan cara menyisipkan dirinya dalam suatu file ataupun program.

Efek yang ditimbulkan virus komputer pun beragam, mulai dari hilangnya file dari komputer, timbul error yang tidak biasa (misalnya freeze), program tidak dapat digunakan, hingga file yang dicuri. Virus juga dapat memungkinkan untuk merusak hardware pada komputer.

Komputer yang terjangkit banyak virus biasanya sudah tidak bisa di bersihkan dengan antivirus lagi, dan salah satu caranya adalah membersihkan / format harddisk dalam komputer.

Sejarah Singkat

Virus sudah ada sejak pertama kali komputer muncul. Pertama kali virus yang dibuat adalah Perang Program atau Core War, dibuat dengan tujuan menyerang, memperbaiki dan memusnahkan program.

Pada intinya, virus diciptakan untuk hal-hal yang berdampak merugikan. Seiring berkembangnya virus, pertahanan virus juga semakin berkembang untuk mencegah penyebaran yang semakin marak dan kerusakan yang tidak diinginkan.

Pada tahun 1989, ditemukan virus polimorf, virus yang dengan sendirinya dapat mengubah diri menjadi varian baru yang terkenal dengan V2Px. Sekitar tahun 1990, ditemukan juga virus DIR II memiliki kemampuan menginfeksi program dengan cara menyerang data-data FAT.

Jenis-Jenis Virus

  1. Trojan

Trojan adalah virus yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data serta mengkontrol data korban. Virus ini masuk kedalam komputer lewat internet, email, dan lain – lain.

  1. Worm

Worm dikategorikan sebagai virus yang tidak membahayakan, namun mengganggu. Pasalnya, jika komputer terjangkit virus worm dibiarkan terlalu lama, worm akan menggandakan dirinya sendiri dan membuat space pada harddisk pengguna penuh.

  1. Memory Resident

Biasa akan menyerang RAM. Komputer yang terjangkit virus ini biasanya sering mengalami perlambatan pada program ketika dijalankan.

  1. Companion Virus

Merupakan virus yang cukup sulit untuk di Track. Virus ini cukup mengganggu karena dapat mengubah format dari file kita. Hal tersebut membuat file kita tidak dapat dibuka atau bahkan sulit ditemukan.

  1. FAT Virus

Atau File Allocation Table Virus adalah virus yang cukup berbahaya, karena memiliki kemampuan untuk menghancurkan file kita. Selain menghancurkan, bisa saja virus ini menyembunyikan file – file kita, sehingga seakan akan hilang atau terhapus.

Editor : Nela


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?