Pengertian Hardware : Fungsi, Spesifikasi dan Contoh Hardware

ApaItu Hardware

Hardware atau yang lebihdikenaldengansebutanperangkatkerasadalahsemuajeniskomponen yang ada pada komputer yang mana bagianfidiknyadapatterlihatsecarakasatmataataudapatdirasakansecaralangsung

Beberapadiantaranyaseperti RAM, CPU, mouse, keyboard, scanner, monitor, printer dan masihbanyaklagi. Selainitu, Hardware umumnya juga terlihatsebagaibentuk output darisetiap proses system operasisebuahkomputer.

ApaSajaFungsi Hardware atauperangkatkeraskomputer

       Dari pengertian hardware di atasdapatdiketahui juga beberapafungsidariperangkatitusendiri. Fungsiutamadalam hardware disinimeliputibanyakhal. Sepertidalamhalmenampilkan dan menerima input proses, memberikanouput, mendukungkerjakomputer, sertamengolahinformasi/data yang beradadalammaupunluarkomputer.

  1. Mengolah data atauinformasi

Hal iniberartibeberapajenis hardware yang memilikifungsiuntukmengolahataupunmemproses data atauinformasi. Untukmengolah data dan menjalankan proses pada system komputer. Contoh proses device yaitu CPU, RAM, VGA, dan sebagainya

  • Menerima output

Yakni hardware yang mempunyaifungsikhususdalammenerima input dari user. Denganbegitu, nantinya hardware akanmemprosesmenjadiinformasi yang baru. Data yang diterimadari input akandapat di transfer pada output

  • Memberi output

Apabilasudahterproses,hardwareakanmemberikan output lagi pada user. Seluruh output tersebutdapatdilihat oleh pengguna yang ditampilkan pada hardware khusus. Mekanismeinilah yang salingmempengaruhantar output input.

  • Menyimpaninformasimaupun data

Dalamhaliniseluruh output yang dihasilkan oleh komputerbisa Anda simpan pada perangkatpenyimpanansekunderdarikomputer. Penyimpananinidapatdilakukantakhanya pada perangkatyang terpasang di dalamkomputer, akantetapi juga perangkat yang dipasang di luar. Itulahbeberapafungsiperangkatkeraskomputer.

Jenis – jenis Hardware BesertaContohnya

Secaraumum, hardware dapatdibedakanjenisyaberdasarkansetiapfungsi yang ada. Di bawhainibeberapa hardware yang dibedakanmenurutfungsiataukegunaannyatersebut.

  1. Perangkat input

Salah satujenis hardware yang bergunauntukmemasukkaninformasimaupun data. Baikitudalambentuk video, teks, gambar, audio, dan yang lainnyakedalamsebuahkomputer. Berikutbeberapacontoh hardware tersebut.

  • Mouse

Merupakan salah satujenis hardware yang berfungsiuntukmenggerakkankursor yang ada di layer komputer. Selainitu, dengan mouse, user juga akanlebihmudahdalammemilih menu apasaja yang diinginkan pada komputer.

  • Keyboard

Jenis hardware yang berfungsiuntukmembantupenggunadalammemasukkanangka, symbol, dan huruf-hurufkedalamkomputer.

  • Scanner

Bergunamengubahdokumendari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satuiniumumnyasangatpentinguntukdigunakan. Pasalnya, adabanyak orang yang memerlukannyauntukmengarsipkandokumen-dokumen yang pentingdenganadanyatandatangan dan stemple.

  • Perangkatouput

Merupakanjenis hardware yang bergunadalammenampikaninformasi dan mencetakhasil input data yang user lakukan. Data ataupuninformasitersebutberasaldari hardware input yang sudahmelewati process. Misalnyaseperti monitor, proyektor, hingga printer. Di bawahinipenjelasannya.

  • Monitor

Merupakankomponen yang perludimiliki oleh setiapperusahaandalammelakukanberbagaipekerjaan. Umumnyapekerjaantersebutberhubungandengandokumenmaupun data.

  • Printer

Salah satujenisperangkatkeras yang dapat Anda gunakandalammecetaksegalamacamkeperluandokumen yang diinginkan.

  • ProyektorLCD

Perangkatkeras yang bergunauntukmemudahkanAnda dalammenampilkan video maupungambarke layer LCD darikomputer. Hal iniberarti, saatmenggunakanproyektor LCD, Anda bisamenampilkansuatupresentasidenganlebihjelas.

  • Perangkat proses

Jenisperangkatkeras yang satuinidapatbergunadalammengolah data sekaligusmenjalankan proses yang ada pada system komputer. Ptoses device tersebutseperti CPU, RAM, VGA, dan masihbanyaklagi

  • CPU

Merupakanperangkat yang bergunadalammengontrolseluruh proses kerja yang ada pada komputer. Baikitudariinsruksi, pengelolahan, sampaimenghasilkan output yang diinginkan

  • VGA

Perangkat yang berfungsimengolahmaupunmemproses data grafissehinggahasilnyanantidapat Anda tampilkan pada layer monitor komputer.

  • RAM

Merupakanjenisperangkatkeras yang dapatmenentukankecepatanaksesdalamsebuahkomputer.

  • Perangkatuntukmenyimpan

Storage device atau yang lebihdikenalsebagaiperangkatuntukmenyimpanmerupakan salah satujenis hardware yang berfungsimenyimpan data-data komputer. Contohnyaseperti di bawahini.

  • Hard disk

Merupakanperangkat yang berfungsidalammenyimpaninformasimaupun data dalamkomputerdengankapasitas yang cukupbesar. Perangkatinimemilikibentukseperti portable.

  • Flash disk

Merupakanalatpenyimpan data darikomputer yang memilikikonektorberupa USB. Konektortersebutnantinyaakanmemudahkanperangkatiniterhubungkekomputermaupun media lainnya yang digunakan. Flash disk inisendiribisa Anda pakaiuntukmemindahkansebuah data darisatukomputerkekomputer yang lainnya.

  • Optical Disk

Merupakan media penyimpanan data yang bisadibacamaupunditulis oleh cahaya laser. Umumnya optical disk disiniberupa CD/Compact Disk atau DVD/Digital Versaitle Disc.

Perangkattambahan

Perangkattambahanbergunadalammembantukomputermenjalankanperintah user. Perangkatiniumumnyadisebutdenganistilahperiferal yang bergunadalammenghubungkanperangkatkomputerdenganjaringan internet. Salah satucontohnyaadalah modem. Modem disinidapat Anda gunakansebagaialatkomunikasiuntukmengubahsinyal digital menjadisinyalanalogataupunsinyalanalogmenjadisinyal digital.

 Kesimpulan dan Penutup

Dari penjelasanlengkapmengenaipengertian hardware di atas, Anda sekarangtentusudahjauhlebihpahammengenaiperangkattersebut. Keberadaanperangkatkeraskomputerinisendiritentusangatbermanfaatuntukmemudahkanpekerjaan dan aktivitassehari-harimanusia.

Terlebihuntukaktivitassebuahperkantoranmaupunperusahaantertentu yang memangmembutuhkanperangkatkerasuntukmengerjakanapa yang diperlukandengancepat, mudah, dan efisien. Akan tetapi, sepertibenda-benda yang adadisekitarkitalainnya Anda juga perlumerawatsemuaperangkattersebutdenganbaik. Pasalnya, apabila salah satukomponen hardware/perangkatkerassajatidakdapatbekerjadengansebagaimanamestinyamakasetiap proses pengelohan data maupuninformasitentu juga tidakdapatberjalandenganbaik dan sesuaidenganapa yang kitainginkan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?