PENGERTIAN SOFTWARE DAN SPESIFIKASINYA

Apa Pengertian Software

Software adalah data yang di program, di simpan, dan di format secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik, Anda bisa mengoperasikannya lewat perangkat komputer. Untuk pembuatannya, perangkat ini memerlukan bahasa pemrograman yang di tulis oleh seorang pemrogram/orang yang ahli akan bidang tersebut. Selanjutnya, perangkat tersebut di kompilasikan memakai aplikasi kompiler agat dapat menjadi kode yang bisa di kenali oleh mesin hardware/ perangkat keras.

Spesifikasi Software untuk Komputer

Terdapat beberapa spesifikasi software yang bisa mendukung operasi pada komputer.

Seperti:

  1. Sistem operasi untuk mesin server
    Beberapa di antaranya seperti Sun Solaris, Microsoft Windows Server, Free BSD, Varian Sistem Operasi Linux untuk server, serta sistem operasi khusus server yang lain.
  2. Apikasi yang menunjang layanan aplikasi jaringan komputer
    Hal ini seperti web server, DNS server, database server, remote desktop, dan aplikasi penunjang jaringan komputer lainnya.
  3. Aplikasi untuk mengelola lalu lintas jaringan
    Di antaranya seperti routing (proses pengiriman data/informasi yang di lakukan dengan meneruskan paket data yang di kirim pada sebuah jaringan satu ke jaringan yang lain). Atau yang lainnya seperti NMS (Network Mananjemen System). NMS di sini berarti pemantau jaringan network yang berguna dalam mengawasi jaringan computer.

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

Jika di lihat secara umum, perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis. Di bawah ini beberapa jenis tersebut:

  1. Sistem Operasi (Operating System)

Perangkat lunak jenis ini di gunakan untuk mengatur setiap perangkat keras yang sudah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, ia juga berfungsi dalam menerjemahkan aktivitas serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan di perintahkan oleh user pada CPU sehingga perintah user tersebut dapat di kerjakan komputer dengan baik.

  • Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang di gunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika di telusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahasa yang bisa Anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya masih memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai metode dan struktur yang ada pada bahasa pemrograman itu sendiri.

  • Program Aplikasi

Program aplikasi di sini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak di gunakan dalam menyelesaikan tugas-tuigas tertentu. Dalam hal ini software dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Salah satu contohnya adalah Excel, Microsoft Word, Calculator, dan yang lainnya.

Editor: Zahra Nisa

Terima kasih telah mengunjungi website saya >.<


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?