Pengertian Keamanan Komputer dan Konsep Keamanan Jaringan

Sebenarnya, istilah network security mencakup banyak hal lho friends! Mulai dari teknologi, perangkat yang di gunakan, dan juga proses yang di lakukan.

Keamanan komputer merupakan keamanan informasi yang terdapat pada komputer atau jaringan. Juga di kenal dengan sebutan cybersecurity atau IT security. Keamanan komputer bertujuan membantu pengguna agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi.

Definisi Sistem Keamanan Jaringan

Sistem keamanan jaringan adalah proses untuk mengidentifikasi dan mencegah pengguna yang tidak sah dari suatu jaringan komputer. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi resiko ancaman berupa perusakan bagian fisik komputer maupun pencurian data seseorang.

Konsep Network Security

Nah untuk menjaga keamanan jaringan ada beberapa konsep atau hukum dasar yang terdiri dari: confidentiality, integrity, & availability.

  1. Confidentiality (kerahasiaan)

Confidentiality adalah aturan yang membatasi pihak ketiga akan akses ke informasi. Konsep ini di rancang untuk mencegah informasi sensitif di akses orang yang salah.

  • Integrity (integritas)

 menjamin bahwa informasi yang ada bisa di percaya dan akurat. Konsep ini melibatkan penjagaan konsistensi, akurasi, dan kepercayaan data. 

Menurut konsep ini, data yang ada di sebuah jaringan tidak bisa di ubah oleh pihak manapun. Biasanya ini di lakukan melalui enkripsi data sebuah jaringan.

  • Availability atau ketersediaan

adalah konsep yang memastikan bahwa informasi yang ada di jaringan akan selalu tersedia saat di butuhkan oleh orang yang memiliki akses.

Konsep ini termasuk pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras (hardware), sistem software, dan juga lingkungan sistem operasi yang di gunakan.

Editor: Zahra Nisa

Terima kasih telah mengunjungi website saya >.<


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?