Apa itu photoshop?

Photoshop merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak untuk editor foto atau gambar yang di keluarkan Adobe Systems dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak yang satu ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat bekerja secara maksimal, dan juga dapat mensuport beberapa file, sehingga bagi seorang desain grafis hal ini merupakan salah satu syarat yang wajib ada untuk masuk ke dunia desain grafis, karena photoshop dengan segala fasilitasnya sangat cocok bagi seorang desain grafis.

Photoshop dikhususkan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP oleh karena itu Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer.

Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik jika di bandingkan dengan perangkat lunak lain sejenisnya. Dapat di katakan juga hampir tidak ada tandingannya. Format File Photoshop mampu untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain.

Hadirnya Adobe Photoshop di latar belakangi dari sejarah yang panjang. Diawali dari langkah profesor dari Michigan (USA) bernama Glenn Knol. Glenn Knol bereksperimen untuk mengolah foto secara digital dengan alat sederhana, ia bekerja. Tujuan dan harapan ini Glenn Knol untuk membuat sebuah program pengolah gambar secara digital diteruskan oleh anaknya bernama John Knoll dan Homas Knoll.

Akhirnya, kedua anak Glenn Knol ini berhasil menciptakan program aplikasi sederhana hingga perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi.

Tidak butuh waktu lama, penemuan ini kemudian diambil alih oleh Adobe Corporation dan diberi nama Adobe Photoshop. Versi terakhir dari photoshop adalah CS5 atau yang lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS5 (Creative Suite). Memang, awal mula terciptanya Photoshop ini hanya ditujukan untuk keperluan pengolah gambar (fotografi).

Namun dengan kerja keras yang dilakukan oleh Thomas Knoll dan timnya akhirnya mampu mengembangkan Adobe Photoshop dengan fitur-fitur unggul seperti web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), dan bidang lainnya.

Para designer web ataupun designer graphic cenderung lebih banyak menggunakan Photoshop dalam melakukan pekerjaan karena photoshop lebih mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, dan juga hasil output yang fantastic.

Fungsi Adobe Photoshop

Sebenarnya fungsi utama dari Adobe Photoshop hanyalah untuk aplikasi pengedit foto ataupun gambar dengan tipe raster atau bitmap. Namun sebagai aplikasi pengedit gambar, fungsi Photoshop dapat dijabarkan lebih khusus lagi, yaitu untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar.

Fungsi Photoshop untuk mempercantik gambar yaitu dengan cara menghaluskan atau objek, dimana hal ini dilakukan agar gambar tersebut terlihat lebih menarik dan indah.

Dan juga untuk merekayasa gambar yaitu dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar gambar tersebut terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya.

Photoshop juga berfungsi untuk membuat desain gambar yaitu dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, brosur, spanduk, dan poster.

Kelebihan Adobe Photoshop

  • Gambar yang dihasilkan lebih memuaskan.
  • Mudah di operasikan.
  • Banyak fitur – fitur yang unggul.
  • Di gunakan untuk membuat tulisan dengan efek yang di inginkan.
  • Bisa di gunakan untuk mendesain maupun untuk editing gambar.
  • Membuat beragam material.
  • Bisa juga di gunakan untuk mengolah beberapa materi web.
  • Familyar dalam kalangan kita.
  • Fasilitas untuk editing lebih lengkap di banding lainnya.

Kekurangan Adobe Photoshop

  • Banyaknya layer yang di gunakan membuat orang bingung ketika menggunakan photoshop.
  • Photoshop kurang baik saat digunakan untuk pembuatan majalah dan brosur karena tidak bisa sempurna saat pembuatan paragraf.
  • Ukuran yang di butuhkan terlalu besar. Nah jika kita terlalu banyak menggunakan layer maka ukuran di Photoshop akan besar.
  • Saat akan mencetak hasil Photoshop kertas yang digunakan relatif sulit.

Editor : Nela


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?