Apa itu software?

Software bisa dikatakan sebagai hal yang sangat penting didalam komputer. Tanpa adanya software, komputer tidak bisa menjalankan perintah dengan baik sesuai apa yang kita inputkan.

Tidak heran karena software mempunyai peran yang begitu penting. Sesuai namanya, software merupakan bagian dalam dari komputer atau bisa disebut sebagai aplikasi didalam komputer tersebut.

Menurut sumber terpercaya, software juga termasuk data yang telah diprogram dan disimpan dengan digital dan tidak ada wujudnya.

Software kerap disebut sebagai data elektronik berupa intruksi dan program yang dikelola oleh komputer. Software dibuat oleh programmer yang nanti dikompilasi sampai menjadi kode yang dikenali hardware.

Intinya, perangkat ini memudahkan pekerjaan manusia, misal untuk membuat dokumen, mengolah gambar dan sebagainya. Software sesuai yang telah disebutkan mempunyai banyak fungsi.

Fungsi tersebut yang membuat komputer bisa berjalan dengan baik sesuai perintah penggunanya. Berikut fungsi software tersebut.

Fungsi Software Secara Umum

1. Fungsi dasar software adalah untuk mendeteksi perangkat hardware di komputer dan mengatur perangkat hardware agar bisa bekerja dengan baik.

2. Fungsi software berikutnya adalah untuk media penghubung software lain dengan hardware didalam komputer

3. Bukan hanya itu, software juga berfungsi untuk mengidentifikasi program dan menerjemahkan software dengan bahasa khusus supaya bisa bekerja sama dengan baik.

Jenis-Jenis Software

Pengertian aplikasi dan software kerap disamakan. Namun nyatanya, aplikasi merupakan bagian dari software. Software didalam komputer memiliki banyak jenis.

Perkembangan tersebut kian pesat karena teknologi yang kita jumpai seperti sekarang. Berikut adalah jenis-jenis perangkat software

1. Sistem operasi

Sistem operasi dalam bahasa Inggris namanya adalah Operating System atau OS. Didalam komputer, keberadaannya sangat penting karena tanpa perangkat ini komputer tidak bisa dijalankan.

Ini jenis software terkompleks dengan banyak fungsi, sebut saja seperti mengatur hardware, memberi instruksi kepada prosessor dan masih banyak lainnya.

OS juga menjamin perangkat lunak supaya mampu melaksanakan tugas dengan baik tanpa menganggu yang lainnya.

Biasanya, sistem operasi memberi ijin pada perangkat untuk mengoperasikan aplikasi pada satu waktu saja.

Ada banyak contoh sistem operasi yang bisa ditemui, contohnya adalah microsoft Windows, Unix, macintosh operating system, Linux dan masih banyak lainnya.

2. Software pengolah kata

Sesuai namanya, jenis-jenis software yang tergabung kedalam kelompok ini digunakan untuk urusan tulis-menulis. Contoh software yang paling populer untuk jenis ini adalah microsoft word.

Tentu aplikasi ini bukan nama yang asing karena sering digunakan. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang biasa sepaket dengan Excel, PowerPoint dan sebagainya.

Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, terutama fitur lengkap yang tersedia. Bukan hanya Word saja, ada banyak software pengolah kata yang bisa digunakan. Contohnya Corel Wordperfect yang harganya lebih murah dibanding Word.

Ada juga star office Writer yang sifatnya multiplatform karena bisa digunakan di aplikasi lain.

3. Software Pengolah Angka 

Software ini sering dipakai untuk mengerjakan dan melakukan perhitungan dengan angka-angka didalamnya.

Perangkat lunak ini bisa menemukan jawaban atas semua rumus penjumlaan, pembagian, perkalian dan juga pengurangan yang diperlukan penggunanya.

Sama dengan software pengolah kata, ada banyak contoh software untuk mengolah angka. Yang paling populer adalah Exel.

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang ramah dengan menu standar yang diperlukan untuk mengolah angka.

Sifatnya adalah shareware sehingga pengguna harus membayar supaya dapat menikmati aplikasinya.

Selain Exel, ada juga Lotus 123 yang fiturnya lebih lengkap dan bisa bertukar dokumen dengan platform lain.

4. Software Antivirus

Jenis software yang digunakan pada jaringan komputer ini kerap dikenali dengan nama Virus Protection Software. Aplikasi ini tugasnya untuk mendeteksi dan juga penghapus virus yang masuk kedalam sistem komputer.

Software ini menentukan apakah sistem ada virusnya atau tidak. Umumnya, jenis software ini bekerja dengan memindai file dan dokumen di komputer. Selain itu, fungsinya juga untuk melindungi dan memberi keamanan atas data dan dokumen didalam komputer.

Dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan file dan dokumen penting yang ia miliki. Contoh antivirus yang sering dipakai adalah Norton, Avira, Smadav, McAfee Secure dan masih banyak lainnya.

Editor : Nela


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?