Sumber : https://magentacs.files.wordpress.com/2013/10/freeware.png

Freeware adalah software atau aplikasi yang diperoleh secara gratis yang dapat didownload dan digunakan tetapi mempunyai batasan hak pencipta. Meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya mempunyai kebijakan tertentu yang umumnya disertai syarat software tersebut tidak boleh dimodifikasi dalam bentuk apapun.

Ada juga yang disertai dengan syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Namun syarat mutlak suatu software disebut Freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. Konten Freeware isinya bermacam-macam. Ada yang berupa software (aplikasi), source code, engine web (wordpress, CMS, phpBB), eBook (dokumen).

Meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya mempunyai suatu kebijakan tertentu yang biasanya disertakan pada saat kamu mendownload freeware tersebut, atau termaktub pada situs tempat kamu mendownload freeware tersebut.

 Tentunya kebebasan tersebut bukan berarti kita tidak membayar dan bebas lisensi, tetapi kamu harus mengikuti apa yang diinginkan oleh pembuat freeware, diantaranya yaitu tidak boleh menggunakan software freeware untuk kepentingan komersial dan tidak boleh memodifikasi software freeware dalam bentuk apapun.

Sebuah freeware terkadang dibuat untuk mengiklankan sesuatu, entah itu sebuah produk atau apapun itu. Freeware yang seperti itu disebut sebagai Adware (Aplikasi gratis yang dipasangi iklan). Iklan tersebut itulah yang membiayai pembuatan freeware tersebut dan menghidupi pembuatnya. Istilah lain untuk aplikasi seperti ini yaitu sponsored freeware.

Ada pula freeware yang dapat kita gunakan namun dengan batasan penggunaan tertentu. Misalnya setelah kita mendownload freeware tertentu, kita diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di suatu tempat untuk memperoleh serial number software yang freeware tersebut. Sistem seperti itu disebut sebagai Shareware.

 Ada pula yang menggunakan sistem dengan batasan waktu tertentu, setelah diberikan serial number kita hanya diberikan waktu untuk dapat menggunakannya secara gratis selama 30 hari atau beberapa waktu tertentu. Tetapi ada pula yang hanya mewajibkan kita untuk mendaftar dan memperoleh serial number saja, setelah itu kita bisa menggunakan software freeware tersebut selamanya.

Fungsi Freeware

Fungsi freeware yang ada di internet:

  • Pengguna boleh menggunakannya tanpa biaya.
  • Kemudahan bagi pengguna, karena freeware memfasilitasi pengguna dengan perangkat lunak gratis.

Editor Hidayat

Kategori: Software

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?