Pengertian CAN  

Berikut adalah berbagai informasi tentang CAN (Campus Area Network):

Devinisi CAN

Pengertian CAN (Campus Area Network)  merupakan gabungan dari beberapa jaringan komputer lokal (LAN) yang terinterkoneksikan pada area pendidikan. CAN atau yang sering juga disebut sebagai Corporate,  Area Network dan Controller Area Network juga memiliki jangkauan yang memiliki tinjauan yang lebih  besar dari pada (LAN) dikarenakan menjangkau beberapa gedung yang ada pada suatu tempat /wilayah tertentu. Namun CAN memiliki cakupan yang lebih sempit dari Wide Area Network (WAN) dan Metropolitan Area Network (MAN).

Tujuan Dari Sebuah CAN

 Campus Area Network memiliki salah tujuan yaitu sebagai berikut:.

  • menjunjung fasilitassumber daya komputer yang bisa di gunakan secar bersama dan lebuih baik
  • adnya fasilitas terhadap sekolah dasar maupun universitas baik dari dalam maupun luar
  • Meningkatkan suatu pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di lingkungan akademik.
  • Mendukung kegiatan akademik yang ada di lingkungan sekolah dan universitas.

Penerapan CAN

Jaringan ini di pakai dan memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada pada setiap tempat atau suatu gedung dalam satu wilayah. Sepertihalnya  saja gedung administrasi, gedung pusat, dan gedung-gedung perkuliahan, gedung kelas maupun kantor yang ada dalam satu universitas. Fungsi dari pemasangan CAN adalah supaya setiap komputer yang ada dalam wilayah tersebut bisa saling berkomunikasi, sehingga memudahkan untuk melakukan pertukaran datamaupun informasi lainnya.

Kebanyakan jaringan CAN terdiri dari beberapa LAN yang terhubung oleh switch dan router yaitu yang tergabung untuk menciptakan sebuah jaringan tunggal. Semua LAN tersebut mengoperasikan jaringan yang sama sehingga dapat memberikankemudahan untuk akses kepada pengguna untuk saling berkomunikasi secara langsung dengan sistem yang berbeda dalam sebuah jaringan, baik dengan menggunakan kabel ataupun tanpa menggunakan kabel.

Manfaat CAN

Campus Area Network (CAN) memberikan dua manfaat utama, yaitu keamanan dan kecepatan.

Keamanan

Tidak sepeti halnya  WAN, CAN (campus Area Network)dikelola oleh satu kesatuan, seperti tim IT kampus. Pihak admin jaringan pada tim tersebut memiliki serial akses untuk dapat memantau atau membatasi jaringan. Biasanya di antara CAN dan internet juga dipasangi dengan Firewall agar bias menjaga jaringan agar tidak diakses oleh pihak yang selain yang berkepentingan. Firewall atau proxy server juga digunakan untuk membatasi akses dari pengguna pada website atau port internet. Dengan itu semua data yang ada di dalam cakupan jaringan tersebut tidak mudah diakses oleh sembarang pihak sehingga lebih terjamin keamanannya.

Kecepatan

proses komunikasi pada CAN ini menggunakan jaringan lokal maka kecepatan transfer yang ada di sistem jaringan menjadi lebih tinggi. Berbagi dokumen dengan pengguna lain dalam satu jaringan menjadi lebih mudah, meski dalam ukuran yang besar.

Tujuan Dari Sebuah CAN

Pembangunan Campus Area Network memiliki berbagai tujuan sebagai berikut:

  • menjadi pendukung kegiatan akademik yang ada di sekolah maupun universitas
  • meningkatkan fasilitas prangkat dan sumber daya komputer
  • memberikan fasilitas tersebut agar bisa memperoleh kabar dari luar dan bisa di kirim secara cepat
  • Meningkatkan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di lingkungan akademik.
  • Meningkatkan daya fasilitas perangkat/sumber daya komputasi yang telah dimiliki agar bisa dipakai bersama dengan lebih baikdan lebih efisien.
Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?