Pemrograman Android

PEMROGRAMAN ANDROID

1.Bahasa Pemrograman Berbasis Android.

            Aplikasi mobile saat ini banyak yang menggunakan system operasi berbasis Android karena banyak sekali dukungan dari berbagai vendor serta mudah yang memiliki. Dalam aspek ekonomi, Android lebih terjangkau untuk masyarakat umum daripada IOS memiliki biaya yang lebih besar.

Mempunyai beberapa bahasa program yang dapat anda pelajari untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis android. Ada 2 bahasa pemrograman yang banyak menggunakan sekarang oleh para developer untuk membuat aplikasi Android. Selanjutnya, ada 2 bahasa pemrograman yang sering digunakkan yaitu sebagai berikut.

● Java.

Pada tahuh 2017, menetapkan Java sebagai bahasa paling popular yang sering dipakai. Namun, untuk sekarang telah bergeser oleh JavaScript dan Python dalam hal populeran. Selain itu, aplikasi Android banyak yang menggunakan bahasa pemrograman android yang membuat java sedikit bergeser.

Namun, masih banyak kembangan aplikasi yang menggunakan Java karena paradigma pemrograman yang nemakai adalah OOP (Objek Oriented Progamming). Paradigma itu selalu ajarkan pada tingkat pendidikan dan dapat mempelajari dengan mudah karena menggunakan konsep objek dan lebih dekat dengan kehidupan nyata.

Java menggunakan Tool atau IDE yaitu Android Studio, Eclipse, dan Visual Studio Code. Bagi yang masih pemula, sangat menyarankan untuk mencoba Java untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis android.

● Kotlin.

Memilliki struktur penulisan kode yang hampir sama dengan Java. Tapi, bahwa Kotlin lebih unggul dari Java dalam penulisan kode program yang lebih rapi dan mudah untuk memahami. Kotlin telah mendapat dukungan dari Google sebagai bahasa pemroraman baru popular.

IDE yang dapat gunakan adalah Intelij IDE, Android Studio, dan Eclipse. Unggulan lain dari kotlin sendiri yaitu dapat menggunakan library dari Java sendiri. Jika anda telah menguasai Java dengan baik, maka untuk mempelajari Kotlin akan sangat mudah.

2.Bahasa Pemrograman Berbasis IOS.

            Pengguna dari aplikasi mobile banyak ynag menggunakan perangkat IOS. Kelebihan dari IOS sendiri letaknya dari system keamanan yang baik banding dengan android. Tampilan dari perangkat yang kesannya mewah menjadi daya tarik sendiri bagi yang suka perangkat mobile IOS.

Sisi lainnya, makin bagus kualitas produk yang tawarkan maka, makin banyak biaya yang harus keluarkan. Oleh karena itu, yang menggunakan dari perangkat IOS sendiri masih sedikit. Sementara, dari isi developer juga memiliki bandingan yang besar antara Andriod dev dan IOS dev.

Jika anda yang menggunakan perangkat IOS untuk membuat aplikasi pada perangkat itu, sudah saatnya anda belajar bahasa pemrograman khusus untuk IOS ini. Setidaknya ada 2 bahasa program popular saat ini yang dapat anda pelajari.

● Swift.

Bagi anda yang menggunakan IOS utamanya IPad dan IPhone, maka Swift mejadi pilihan tepat untuk membuat perangkat lunak. Pada tahun 2014 Swift memperkenalkan kode programnya rilis tahun 2015. Perusahaan besar maupun startup membutuhkan developer khusus untuk mengerjakan IOS.

Banyak fitur-fitur yang sedia bagi bahasa Swift yang telah sediakan oleh Apple. Hal ini lakukan untuk meningkatkan ekosistem dari IOS sendiri. Tools yang dapat anda gunakkan adalah XCode IDE.

● Objective – C.

Yaitu bahasa popular yang sering menggunakan oleh para IOS developer untuk mengembangkan aplikasi mobile. Namun, penggunaan saat ini sudah banyak berganti oleh Swift. Akan tetapi, beberapa fitur masih banyak membutuhkan dukungan dari bahasa Objective- C.

Bahasa ini menggunakan paradigma pemrograman OOP. Yang mana, akan sangat memudahkan dalam menyusun kode program. Selain itu,juga menambahkan pesan gaya small-talk bagi pemrograman C yang mana masih banyak menggunakan kode program yang panjang.

3.Bahasa Pemrograman Berbasis Cross – Platform.

            Yaitu pemrograman mobile berbasis cross- platfrom yang berarti, dapat menjalankan dalam berbagai platfrom. Umumnya, bahasa yang gunakan tentunya dapat jalankan dalam website maupun mobile. Konsep ini lebih praktis dan dapat mengurangi resources pada waktu dan proses kerja aplikasi mobile.

Unggulan dari Cross-platform sendiri bagi web developer adalah tidak perlu belajar lebih dalam mengenai pemrograman mobile. Dengan menggunakan pemrograman web, anda sudah dapat membuat aplikasi yang berjalan pada perangkat mobile dengan bantuan beberapa tools. Tools ini yang nantinya akan mengubah kode program website ke dalam mobile sehingga hampir sama dengan native.

● JavaScript

Kalangan web developer sudah barang tentu mengenal apa itu JavaScript. Bahasa ini, juga dapat gunakkan dalam membuat aplikasi mobile. Banyak framework yang miliki oleh JavaScript.

Untuk mobile sendiri, yang paling popular adalah framework lonic dan React Native. Dengan framework itu, anda dapat membuat aplikasi yang dapat berjalan dari sisi Android maupun IOS sekaligus tanpa perlu mengubah struktur kode.

● TypeScript.

Yaitu superset dari JavaScript yang memiliki opsi aman lebih baik melalui static typing. Unggulan dari yang menggunakan TypeScript letaknya pada dukungan untuk menulis produk dalam skala besar. Dengan menggunakan TypeScript, anda dapat membuat mobile cross platfrom menggunakan framework seperti NativeScript.  


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?