Pengertian PAN

contoh gambar

Jaringan komputer atau titik akses yang gunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, televise, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi public seperti internet. Kontrol lakukan dengan authoritas pribadi. Data yang transmisikan oleh bersifat khas dan personal karena digunakan untuk keperluan pribadi.

Teknologi dan protokol yang gunakan PAN antaranya adalah Wifi, Wireless Application Protocol (WAP), Bluetooth, Infrared, dan lain-lain. PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.Personal Area Network hanya mampu menjangkau beberapa meter saja, tetapi juga bisa mencapai ratusan sampai ribuan kilometer apabila memanfaatkan jaringan global. PAN bisa gunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal), atau dapat juga gunakan untuk menghubungkan ke jaringan tingkat yang lebih tinggi dan Internet (uplink).  Jaringan dapat kita buat dengan menggunakan teknologi jaringan nirkabel seperti Bluetooth, IrDA, Wireless.
contohnya sebagai berikut:Pada saat mengajar kelas saya sering melakukan remote kontrol terhadap laptop dengan memanfaatkan fasilitas Bluetooth yang tersedia di Hp dan Bluetooth di Laptop. Maka dengan terkoneksinya antara Hp dengan Laptop saya dapat menjalankan serta mematikan laptop tanpa menyentuh laptop.

Jaringan adalah sebuah koneksi yang pakai pengguna untuk terhubung ke perangkat elektronik, misalnya mouse wireless, keyboard, speaker, dan komputer.

Pasti belum banyak yang tahu mengenai apa itu, bahwa adalah sebuah jaringan yang hanya dapat gunakan jarak dekat, mulai dari jarak centimeter hingga beberapa meter.

Saat ini, banyak sekali orang-orang yang menggunakan perangkat yang mendukung, yakni smartphone maupun speaker bluetooth.

Namun, sebenarnya pengertian jaringan tidak hanya sebatas itu saja, tetapi dapat lebih luas lagi.

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?