Operating System (OS) pada Raspberry

Untuk memulai menggunakan Raspberry Pi di butuhkan suatu Operating System (OS). Salah satu contoh OS manager yang dapat di download (atau membeli SD card yang telah ter-include di dalamnya) adalah NOOBS. NOOBS membuat pengguna mudah dalam memulai menggunakan Rasp Pi, dan dapat mencakup banyak OS yang berbeda untuk dipilih. Terdapat banyak pilihan OS yang ada untuk tujuan penggunaan yang berbeda-beda juga. Hal tersebut tergantung kebutuhan dari pengguna dalam menggunakan Rasp Pi dengan tujuan atau proyek apapun. Berikut merupakan penjelasan singkat tentang beberapa OS untuk membantu menentukan pilihan yang tepat bagi pengguna.

Raspberry Pi itu sendiri tidak datang dengan OS tertanam. Dengan kata lain, Rasp Pi tidak dapat di gunakan secara langsung setelah di beli. Untuk itu, di perlukan NOOBS, Kependekan dari New Out Of the Box Software. NOOBS merupakan OS manager yang memudahkan dalam mengunduh, menginstal, dan menset up Raspberry Pi. Saat pertama kali mem-boot NOOBS, Anda akan mendapatkan pilihan OS untuk dipilih. Sistem operasi apa yang tersedia tergantung pada model Raspberry Pi yang Anda gunakan. Untuk panduan ini, kami akan tetap menggunakan sistem operasi OS yang paling umum yang tersedia di model terbaru Raspberry Pi. Saat ini, itu Raspbian, OSMC, OpenELEC, Windows IoT Core, dan RISC OSRaspbian adalah sistem operasi “resmi” Raspberry Pi dan karena itu, Raspbian adalah OS yang paling di minati oleh orang-orang dalam menggunakan Rasp Pi.

Raspbian adalah versi Linux yang di buat khusus untuk Raspberry Pi. Perangkat ini di lengkapi dengan semua perangkat lunak yang Anda perlukan untuk setiap tugas dasar dengan komputer. Anda akan mendapatkan LibreOffice sebagai rangkaian kantor, browser web, program email, dan beberapa alat untuk mengajarkan pemrograman kepada anak-anak dan orang dewasa.

Jika Anda baru mengenal Linux, Raspbian akan sedikit membingungkan bagi Anda. Wiki pemula adalah titik awal yang bagus, begitu juga sumber Raspberry Pi resmi. Keduanya memandu Anda melalui semua yang Anda butuhkan untuk menggunakan Raspbian, mulai dari membuat gim hingga menguasai program default. Jika video merupakan metode belajar yang lebih Anda sukai, saluran YouTube Raspberry Pi untuk Pemula memiliki banyak video untuk ditonton, seperti halnya Raspberry Pi Tutorials Channel.

by: Fauzan


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?