PENGERTIAN NEURALINK

Nerualink adalah perusahaan yang bergerak di bidang neuroteknologi. Perusahaan ini menjanjikan untuk menciptakan teknologi membuat manusia bisa berkomunikasi dengan mesin dan mengendalikannya hanya dengan pikiran.

Tak hanya itu, teknologi ini juga bisa menjadi solusi untuk orang-orang yang mengalami kelumpuhan. Teknologi ini akan menggunakan cip yang bernama N1 Chipset yang memiliki diameter 8mm.

Cip ini lah yang nantinya akan ditanamkan ke otak manusia dengan menggunakan robot. Pihak perusahaan mengklaim bahwa kabel yang digunakan di N1 Chipset memiliki ketebalan yang sama dengan sel saraf.

SEJARAH NEURALINK

Neuralink didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2016 silam dengan tujuan untuk mengembangkan brain-computer interface.

Elon Musk sendiri mengatakan bahwa sebenarnya proyek untuk uji coba langsung ke manusia ini sudah direncanakan semenjak tahun 2020.

Pada April 2021, Neuralink memperlihatkan perkembangan teknologinya lewat video monyet yang sedang bermain permainan Pong menggunakan implan Neuralink. Video tersebut bisa di lihat di Youtube channel Neuralink.

FUNGSI NEURALINK

Dalam visi jangka pendek,Neuralink akan digunakan untuk kepentingan medis dan membantu menyembuhkan¬† penderita kelumpuhan,buta,tuli,cedera otak dan berbagai penderita penyakit lainnya agar bisa ‘sembuh’ dan ‘normal’ kembali.

Serta memungkinkan penderita penyakit tersebut mengontrol komputer dan gadget lainnya hanya dengan pikiran tanpa harus menyentuh.

Namun untuk visi jangka Panjang,Neuralink tak hanya bisa digunakan orang yang sakit namun juga orang yang sehat.

Dengan Neuralink kita tak perlu menyentuh  atau mengoperasikan gadget dengan tangan atau suara,tetapi hanya dengan pikiran.

Di masa depan,Internet of Things(IoT) bisa terkoneksi dengan Neuralink, itu artinya tak perlu perintah suara seperti Google Assistant,Siri atau Alexa,kita hanya perlu memikirkan sesuatu untuk memerintahkan perangkat IoT sesuka hati kita.

Neuralink juga memungkinkan kita untuk ‘mengupload’ otak dan men download nya yang mana itu berguna untuk orang dengan masalah memori otak yang susah mengingat berbagai ingatan.

Dalam visi jangka Panjang Neuralink juga akan berusaha menciptakan simbiosis dengan kemampuan Artificial Intelligence  (AI) yang mana artinya AI akan semakin mendekati manusia atau bahkan melampauai.

Namun perlu diingat ini adalah bisnis,jadi kita bisa beli atau tidak.Kalau merasa butuh, kita implan kalau tidak mau juga tidak jadi masalah.sama seperti membeli smartwatch atau gadget lainnya,kalau ingin,butuh dan mampu ya beli.

Editor : Ridho Saputra


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?