Mengenal Windows 10 – Sistem Operasi Multiplatform Terbaru Dari Microsoft

 

Microsoft akhirnya meluncurkan update terbaru untuk Windows 10 Preview. Berbagai fitur baru telah disematkan pada Windows 10 yang digadang-gadang sebagai sistem operasi terbaik yang mereka miliki.
Windows 10 ini merupakan perpaduan dari sistem operasi yang telah diluncurkan sebelumnya yaitu Windows 7 dan Windows 8. Microsoft rupanya telah belajar banyak dari kegagalan mereka pada Windows 8 yaitu menghilangkan tombol Start Menu dan mengganti dengan Start Screen berupa live tile (ubin) yang khusus didesain untuk perangkat sentuh sehingga sangat membingungkan bagi pengguna yang masih menggunakan mouse dan keyboard sebagai alat bantu.

Kembalinya Start Menu pada Windows 10 merupakan salah satu poin utama yang sangat dinantikan oleh Windows user di seluruh dunia. Perpaduan yang sangat mencolok terlihat dari tampilan Start Menu yang telah digabungkan dengan Start Screen. Pengguna dapat dengan bebas mengelola live tile pada Start Menu yang baru ini seperti memilih aplikasi yang akan digunakan dan mengedit ukuran tile yang dipilih.
MULTIPLATFORM
User friendly adalah kunci keberhasilan diterimanya Windows 10 sebagai sebuah sistem operasi. Perkembangan perangkat mobile yang masif memaksa Microsoft untuk dapat menciptakan sebuah sistem operasi yang dapat digunakan oleh berbagai media dan perangkat terkini. Microsoft tidak akan menggunakan lagi berbagai macam varian Windows yang disesuaikan dengan perangkat berbeda-beda tetapi menghadirkan Windows 10 yang kompatibel untuk semua platform seperti smartphone, tablet, phablet, hybrid, notebook, PC desktop, termasuk TV yang menggunakan sistem operasi. Semua perangkat tersebut dapat terkoneksi dan saling berkomunikasi dengan baik tanpa harus melewati proses pengenalan perangkat yang berbelit-belit dan memakan waktu.
Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem operasi pada perangkat mereka. Sehingga pengguna tidak akan berpaling kepada sistem operasi yang lain dan menetapkan Windows sebagai satu-satunya sistem operasi yang paling berpengaruh di dunia.
Dengan kompatibilitas pada berbagai platform maka Windows 10 dituntut untuk tidak mebutuhkan resource yang tinggi agar dapat digunakan dengan baik. Adapun kebutuhan minimum agar dapat menggunakan Windows 10 pada PC adalah sebagai berikut :
–    Prosesor : 1 GHz atau lebih yang cepat
–    RAM : 1 GB (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
–    Hard Disk : 16 GB
–    Kartu Grafis : Microsoft DirextX 9 dengan WDDM driver
–    Akun Microsoft dan akses Internet
Fitur-fitur terbaru yang dapat ditemui pada Windows 10 Preview adalah :

ANIMASI YANG LEBIH HALUS
Start Screen dengan live tile yang terintegrasi dengan Start Menu memiliki animasi yang halus ketika di buka maupun di tutup. Begitu juga dengan pergerakan windows, transisi antar aplikasi dan berbagai hal lainnya telah memiliki animasi yang konsisten dan baik.
CONTINUUM
Continuum adalah aplikasi terbaru yang berupa desain interface pada Windows 10. Fitur ini akan aktif apabila pengguna beralih dari mode desktop ke mode tablet. Terutama pada perangkat hybrid. Tampilan terbaru ini akan memudahkan para pengguna Windows 10 untuk bisa beralih dari menggunakan input tradisional yang menggunakan mouse dan keyboard pada layar biasa ke input yang berbasis sentuhan pada layar sentuh (touchscreen).
CORTANA
Cortana merupakan aplikasi Smart Assistant seperti halnya Siri pada iPhone. Pada versi sebelumnya aplikasi Cortana hanya disediakan pada perangkat Windows Phone. Kini Cortana hadir menemani pengguna desktop. Form Search yang semula terdapat pada Start Menu dipindahkan ke taskbar dan menjadi tempat bernaungnya Cortana. Seperti halnya sebuah aplikasi personal assistant, Cortana akan dapat membantu menyelesaikan banyak hal yang ditugaskan oleh pengguna seperti pencarian file, mengirimkan email, menjawab pertanyaan, menampilkan secara otomatis perkiraan cuaca pada tempat-tempat yang kita tunjuk, mengatur jadwal kegiatan dan berbagai hal lainnya.
SPARTAN
Pada versi final nanti Spartan akan dihadirkan sebagai web browser terbaik menggantikan posisi Internet Explorer yang selalu tampil pada setiap versi Windows sebelumnya. Spartan sendiri adalah codename dan bukanlah nama final dari browser ini. Fitur-fitur terbaik Spartan adalah kemampuannya untuk dapat menyimpan halaman web pada opsi Favorites maupun Reading agar bisa dibaca kembali ketika sedang online maupun offline. Pada opsi Read Mode, Spartan akan menghilangkan berbagai elemen yang tidak penting pada sebuah website seperti tampilan yang berantakan serta penuh dengan iklan dan hanya menyisakan kontennya saja sehingga pengguna dapat membaca halaman web dengan nyaman. Secara tampilan browser Spartan merupakan perpaduan Firefox dan Chrome sehingga terlihat lebih simple dan clean. Spartan akan menggunakan rendering engine baru yang dapat support dengan berbagai teknologi web terbaru saat ini.

Itulah beberapa fitur-fitur terbaru yang didapat dari sistem operasi Windows 10. Microsoft sendiri menjanjikan Windows 10 versi final akan hadir di seluruh dunia pada pertengahan tahun ini. Saat ini para pengguna dapat menjajal kemampuan Windows 10 Preview secara gratis dan dapat di unduh langsung ke situs Microsoft.

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?