MENGENAL VIRUS TROJAN

Trojan adalah perangkat lunak yang terlihat sah tetapi menjalankan fungsi yang berbahaya. Malware ini sengaja di desain agar terlihat tidak berbahaya untuk menipu orang-orang sehingga mereka mau untuk mengunduhnya. Biasanya Trojan akan menyamar dalam bentuk perangkat lunak gratis, video atau musik, antivirus palsu, atau iklan yang terlihat sah. Perangkat berbahaya ini di rancang untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau secara umum menimbulkan beberapa tindakan berbahaya lainnya pada data atau jaringan Anda.

Trojan bertindak seperti aplikasi atau file yang kredibel untuk menipu Anda. Ketika korban mengunduh dan menginstalnya pada maka Trojan akan melakukan tindakan merusak.

Beberapa orang menyebut Trojan dengan istilah  virus. Namun hal tersebut tidak tepat karena Virus dapat mengeksekusi dan menggandakan dirinya sendiri sedangkan Trojan tidak bisa melakukannya. Trojan membutuhkan bantuan korban atau seseorang untuk mengeksekusinya.

Perlu Anda ketahui, bahwa Trojan tidak hanya merusak komputer atau desktop namun juga dapat memengaruhi perangkat seluler Anda.  Trojan dapat mencuri informasi dari perangkat Anda, dan menghasilkan pendapatan dengan mengirimkan teks SMS premium. Melalui Trojan, peretas juga dapat mengarahkan lalu lintas pada perangkat yang terhubung pada WiFi  dan menggunakannya untuk melakukan berbagai tindak kejahatan

Setelah mengetahui apa itu Trojan, Anda dapat mulai berhati-hati dengan serangan ini. Secara umum, peretas atau hacker akan menyebarkan trojan dan menginfeksi komputer dengan beberapa metode, seperti :

  1. Seorang pengguna menjadi sasaran phishing atau serangan social engineering lainnya. Target membuka lampiran email yang terinfeksi, atau mengeklik tautan ke situs web berbahaya.
  2. Seorang pengguna mengunjungi situs web sah yang sudah terinfeksi dengan kode berbahaya. Contohnya seperti  malvertising atau cross-site scripting.
  3. Penyerang menginstal trojan dengan mengeksploitasi kerentanan yang ada pada suatu perangkat lunak.
  4. Seorang pengguna mendownload program dari sumber yang tidak di kenal atau bukan dari official store.
  5. Pengguna mengunjungi situs web berbahaya dan di minta untuk mengunduh codec untuk memutar streaming video atau audio.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?